PENGARUH KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Rahma Muti'ah

Abstract


Penelitian ini berjudul Pengaruh Kemampuan Penyesuaian Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Ibrahimy Tahun Pelajaran 2014/2015. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa dengan persamaan regresi Y atas X membentuk garis linier dengan persamaan regresi Y = 23.394 + 0.656X, artinya koefisien b dinamakan koefesien arah regresi linier dan menyatakan setiap perubahan rata-rata Y untuk setiap variabel X sebesar satu unit. Perubahan ini merupakan pertambahan karena b = 0.656 (positif). Persepsi siswa tentang kemampuan penyesuaian diri siswa dengan hasil belajar matematika siswa memberikan hubungan yang positif. Pada uji hipotesis digunakan uji t dan diperoleh thitung = 6.927 > ttabel = 2.040. Dengan demikian terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang kemampuan penyesuaian diri siswa yang signifikan dengan hasil belajar matematika siswa kelas X MA Ibrahimy Tahun Pelajaran 2014/2015. Dan juga besarnya pengaruh antara persepsi siswa tentang kemampuan penyesuaian diri siswa terhadap hasil belajar matematika siswa adalah 57.76%.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v1i1.1269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.