PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN REALISTIK MATHEMATICS EDUCATION ( RME ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI DIMENSI TIGA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika realistik dalam mengajarkan topik dimensi tiga di kelas X SMA, (2) Membandingkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti pembelajaran matematika realistik dengan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Selatan tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 7 kelas paralel. Sampel penelitian dipilih 2 kelas secara acak untuk ditetapkan menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Berdasarkan nilai rata-rata tes akhir, kemampuan berpikir kreatif matematik pada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan realistic mathematics education (RME) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.
Full Text:
PDFReferences
Aiken, Lewis. 1997. Psychological Testing and Assessment. Ed.9, USA, Allyn and Bacon
Arikunto, 1999, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Bandung, Bumi Askara
Benny,N.T.2006. Pembelajaran Matematika realistik Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sukamara ( topik Persamaan Garis Lurus). Tesis: magister Pendidikan.
Dahar, ratna Wilis, DR. 1998. Teori-teori Belajar. Departemen pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikn Tinggi. Jakarta
De Lange, Jan. (1987). Mathematics, Insight and Meaning. Utrecht
Eggen, Paul D & Kauchak.1988.Strategies for teacher Teaching Content and Thinking Skills. New Jersey, Prentice Hall.
Fauzan, A.2002 Applying Realistic Mathematics Education (RME) In Teaching Geometry In Indonesian Primary School. Enschade ; Print Partners Ipskamp.
Ferguson, George A. 1989, Statistical Analisys in Psychology and Educatin. Sixth Edition, Singapore, Mc Graw-Hill International Book Co.
Grounlund, Norman E. 1982. Consructing Achievement Test. Third Edition. Illionis, F.E Peacock Publishers, Inc.
Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic Mathematics Eduvation. Utrecht: Freudental Institute.
Gravemeijer, K. Dan M Dorman. 1999. Contect problems in realistic Mathematics Education : A Calculus Course as an example. http://www.fi.uu.nl/pme25/psi/handouts_sheets/mechiel/CalculusArticle.pdf.
Harjanto.2002. Perencanaan Pengajaran. jakarta : Rineka Cipta.
Hasratuddin, 2002. Pembelajaran Matematika Unit Geometri dengan Pendekatan realistik di SLTP 6 Medan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Hujodo, H., 1988. Pembelajaran Matematika. Dirjen Dikti : Jakarta
______, H. 1990. Strategi mengajar belajar Matematika. Malang: IKIP Malang
______, 1998. Pembelajaran Matematika. Jakarta : Depdikbud
Kemp, J, E., G.R Morrison, dan S.M. Ross. 1994. Designing Effective Instruction. New York : Macmillan College Publishing Company.
Lampiran peraturan menteri No.22 tahun 2006 mengenai Standar Isi
Mudhofir. 1987. Teknologi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nelissen, J.M.C. 1999. Thinking skills in realistic mathematics. http://www.fi.uu.nl/publicaties/literatuur/6259.pdf
Netter, Jhon. 1974. Applied Linear Stastical Model. Illionis, Richard D. Erwin, INC.
Nur, M., dan P.R. Wikandari. 2000.Pengajaran berpusat kepada siswa dan Pendekatan Konruktivitas dalam pengajaran. Pusat Studi MIPA Unesa. UNESA Surabaya.
Orton, A. 1992. Learning Mathematics (Second Edition). London : Cassel.
Post, T.R. 1992. “ Some Notes on the Nature of Mathematics Learning.†Dalam Thomas R. Post (Ed). Teaching Mathematics in Grade K-8 (Second Edition). Boston: Allyn and Bacon.
Sanjaya, Dr. Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi kurikul Berbasis Kompetensi. Jakarta : Prenada Media.
Slavin, R.E, 1997. Educational Psychology Theory Into Practice. Edisi 6. Boston: Allyn & Bacon.
_____, R,E. 1994. Educational Psychology, Theories and Practice. Fourth Edition. Masschusetts: Allyn and Bacon Publishers.
Soedjadi, R.2001. “pemanfaatan Realitas dan Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika. “ Makalah disampaikan pada seminar Nasinal di FMIPA UNESA tanggal 24 Pebruari 2001.
Suherman, E. 1993. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Dirjen Dikdasmen Depdikbud.
Suparno, P. 2001. Filsafat Konstruktivisme dalam Peendidkan. Yogyakarta: Kanisius.
Tom Cowan. 2004. Teaching and Learning with RME.
UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Van den Heuvel-Panhuizen, M. 1998. Realistic Mathematics Education, NORMA Lecture held in Kristiansand Norway, ( http:/www.fi.ruu.nl/en/rme).
Wiinkel, W.S, 1998. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Grasindo
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v1i1.1270
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.