PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF JIGSAW DAN METODE KONVENSIONAL PADA TURUNAN FUNGSI

Suriyani M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kooperatif jigsaw dengan meode konvensional pada materi pokok turunan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswakelas XI IPA SMA Negeri 1 Pulau Rakyat. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan metode kooperatif tipe jigsaw dan kelas XI IPA2 sebagai Kelas Kontrol yang diberi pembelajaran dengan metode ceramah, dimana masing-masing kelas berjumlah 40 orang. Untuk menguji hasil belajar siswa diberi post-test pada akhir pembelajaran yang berbentuk essay tes sebanyak 5 soal. Dari analisis data, diproleh skor rata-rata pembelajaran yang menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw 7,05 dan standar deviasi 1,131. Sedangkan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional diperoleh skor rata-rata 6,54. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh t hitung


Full Text:

PDF

References


Abdurahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Mengajar, Penerbit. Rineka Cipta, Jakarta.

Afriati, V. (2008). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Media Komputer (Animasi Flash-Powerpoint) di Kelas IX SMP Negeri 1 Sei Suka Tahun Ajaran 2008/20009. Skreripsi, FMIPA, Unimed, Medan.

Asma, N., (2006), Model Pembelajaran Kooperatif, Penerbit Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Arsyad, A. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Djarmah, S.B. (2002). Psikologi Belajar. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Ibrahim, M,Rakhmadiarti, F., Nur, M dan Ismono. (2000), Pembelajaran Kooperatif, Penerbit Universitas Surabaya Universitas Press, Surabaya.

Nurhadi. (2004). Kurikulum 2004, Jakarta : Gramedia

Purba, E, Nasrun, Simanjuntak, M, Lubis, Rajab, Yusnadi, dan rosdina (2005). Belajar dan Pembelajaran. Universitas Negeri Medan, Medan

Slameto. (1991). Proses Belajar Mengajar dalam Sysitem Kredit Semester, Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, N. (2005). Penelitian Proses Belajar Mengajar. Penerbit PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Syafaruddin, (2005). Manjemen Pembelajaran, Penerbit Quantum Teaching, Jakarta

Togatorop, R. (2005). Perbedaan Antara Prestasi Belajar Siswa yang Diajar Menggunakan Pendekatan Konstektual dan Pendekatan Konvensional Pokok Bahasan Persamaan Linear di Kelas VII SMP Negeri 27 Medan Tahun Pelajaran 2004/2005. Skeripsi, FMIPA, Uimed, Medan.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v1i1.1274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.