PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK MELALUI BANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA KOMPETENSI DASAR HIMPUNAN DAN ANGGOTA HIMPUNAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 AEK KUO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Irma Yanti

Abstract


Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Peningkatan Pembelajaran Himpunan dan anggota himpunan pada Siswa Kelas VII.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah penggunaan pendekatan RME dengan LKS, untuk meningkatkan pembelajaran himpunan dan anggota himpunan, serta menemukan kendala dan solusi pada penggunaan pendekatan RME dengan LKS. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP. Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, dan observer. Hasilnya menunjukkan bahwa, pendekatan RME dengan LKS memiliki dampak dalam meningkatkan pembelajaran Matematika tentang himpunan dan anggota himpunan pada siswa kelas VII SMP .




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v3i1.1276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.