HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR, FASILITAS BELAJAR DAN KETERLIBATAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR

Rahma Muti'ah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: Apakah ada Hubungan antara minat belajar, fasilitas belajar dan keterlibatan orang tua secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika pada siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 2 Marbau Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dan dilakukan di SMP Negeri 2 Marbau Tahun Pembelajaran 2015/ 2016 dengan jumlah sampel sebanyak 41 Siswa. Data pada penelitian ini diambil dengan menggunakan angket dan tes. Angket dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok untuk mengungkap data Minat Belajar, Fasilitas Belajar dan Keterlibatan Orang Tua. Sedangkan Nilai tes digunakan untuk mengungkap prestasinya. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi linear sederhana dan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan Minat Belajar, Fasilitas Belajar dan Keterlibatan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika kelas VIII1 SMP Negeri 2 Marbau tahun pembelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil uji regresi ganda (Ry(1,2,3)) menunjukkan bahwa nilai Ry(1,2,3) sebesar 0,627 yang berarti, variabel Minat Belajar, Fasilitas Belajar dan Keterlibatan Orang Tua mempunyai pengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Matematika siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 2 Marbau tahun pembelajaran 2014/ 2015. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v3i1.1281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.