PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII MTS SWASTA AL-WASHLIYAH BANDAR DURIAN

Rohani M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII MTS Swasta Al-Washliyah Bandar Durian. Dari hasil analisis uji data diperoleh bahwa Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa adalah t hitung sebesar 18,550 dengan t tabel sebesar 2.75, maka t tabel lebih kecil dari t hitung. Hipotesis Ada Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa dapat Diterima. 𝑡 tabel lebih kecil dari 𝑡 hitung maka Hipotesis Positif Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa diterima pada taraf signifikansi 0.05 atau kepercayaan H1 diterima 95%. Berdasarkan hasil estimasi Regresi Linear dengan program SPSS for windows diatas, maka dapat disimpulkan persamaan regresi linear dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Y = 46.464 + 0.496 X. Dari perhitungan dengan menggunakan uji F, yang dipergunakan untuk melihat keberartian hipotesis diperoleh nilai F tabel = 3.23 sedangkan F hitung 117,541 jadi F tabel lebih kecil dari F hitung, ini menunjukkan bahwa Ada Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa pada taraf kepercayaan 95% dan Alpha 5% dapat diterima.

Peningkatan hasil belajar matematika dapat dilakukan dengan menerapkanModel Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang baik dalam pembelajaran matematika.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v3i1.1282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.