UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIPE INTREGATED READING AND COMPOCOTION) DI KELAS VIII MTS SWASTA AL- JAMI

Eva Julyanti

Abstract


Permasalahan yang terjadi di MTs Swasta Al- Jami’yatul Washliyah Aek Nabara adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa yang dikarenakan kurang bervariasinya metode pembelajaran yang diberikan oleh guru kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperatipe Intregated Reading And Compocotion) di kelas VIII MTs Swasta Al- Jami’yatul Washliyah Aek Nabara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan masing- masing siklus terdiri atas perencanaan sebanyak dua siklus, pelaksanaan tindakan, observasai dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Swasta Al- Jami’yatul Washliyah Aek Nabara yang berjumlah 30 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Tes hasil belajar yang digunakan dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperatipe Intregated Reading And Compocotion) pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs Swasta Al- Jami’yatul Washliyah Aek Nabara, dapat meningkatkan dan memajukan hasil belajar siswa > 60%. Atau dapat dilihat hasil belajar siswa pada sikus I 59% dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 72 %. Guru diharapkan melakukan kegiatan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperatipe Intregated Reading And Compocotion) dalam kegiatan pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa atau pelajaran lainnya.

 


Full Text:

PDF

References


. 2002. Reabilitas Soal, Bina Aksara, Jakarta.

. 2006. Analisa Data Pada Tindakan Kelas, Bina Aksara, Jakarta.

Ansari. 2008. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Alex (2006:01). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Arikunto, S ( 2003 ). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Penerbit Bumi Akasara. Jakarta.

Buchari Alma. (2010). Pembelajaran Studi Sosial. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Depdiknas. 2002. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Dikategorikan Pembelajaran Terpadu. Rineka Cipta. Jakarta.

Djamarah, dkk. ( 1994 ). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Djamarah, dkk. ( 2006 ). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Dimayati. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Engstrom. 2002. Sintaks Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Forgati. 1991. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC.PT. Raja Grafindo. Bandung.

Hamalik. ( 1999 ). Hasil Belajar Adalah Hasil Yang Dicapai. PT. Raja Grafindo. Jakarta.

Ibrahim, 2000. Manfaat Strategi Pembelajaran Kooperatif, Yudhistira, Jakarta.

Jati. 2004. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC.PT. Raja Grafindo. Bandung.

Kingsley, 2001. Hasil belajar, Yudhistira, Jakarta.

Kharunisa. 2011. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC.PT. Raja Grafindo. Bandung.

Linda Lundgren, 2000. Strategi pembelajaran kooperatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Manullang. 2009. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC.PT. Raja Grafindo. Bandung.

Nurjannah. 2010. Sintaks Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Rizky. 2009. Sintaks Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC. Penerbit Alfabeta, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v2i1.1287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.