PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATIMATIKA SIAWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE VAK ( VISUAL AUDITORY KINESTETIK ) DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ATI ( APTITUDE TREADMENT INTERAKTION) PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG KUBUS DI KELAS VIII SMPN 1 RANTAU SELATAN

Sakinah Ubudiyah

Abstract


Penelitian tentang Perbandingan Hasil Belajar Matimatika Siawa Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Tipe Vak ( Visual Auditory Kinestetik ) Dengan Pembelajaran Kooperatif  Tipe Ati ( Aptitude Treadment Interaktion) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus Di Kelas Viii ( Delapan ) Smpn 1 Rantau Selatan T.A.2013/2014 Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Perbandingan Hasil Belajar Matimatika Siawa Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Tipe Vak ( Visual Auditory Kinestetik ) Dengan Pembelajaran Kooperatif  Tipe Ati ( Aptitude Treadment Interaktion) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus Di Kelas Viii ( Delapan ) Smpn 1 Rantau Selatan T.A.2013/2014. Jenis penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan analisis data menggunakan uji t. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII ( delapan ) SMPN 1 rantau selatan yang terdiri dari 8 kelas.pengambilan kelas VIII ( delapan ). Teknik pengumpulan data dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dengan cara: Observasi, tes, dan dokumen. Instrumen penelitian ini menggunakan: RPP, LKS, Tes dan Lembar Observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kontekstual tipe VAK  tidak lebih baik dari pada pembelajaran kooperatif tipe ATI.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar.2001, Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara

Sugiyanto, H, 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif, Bandung : PT Remaja Rodaskarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2003 . Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rodaskarya.

Suryabrata, Sumadi, 2011.Psikologi Pendidikan.PT.Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v2i1.1289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.