PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE UNTUK PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA DI KELAS X SMA NEGERI 1 PANGKATAN

Salim Akhtar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar matemnatika pada pokok bahasan dimensi tiga di kelas X SMA Negeri 1 Pangkatan dan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar matemnatika pada pokok bahasan dimensi tiga di kelas X SMA Negeri 1 Pangkatan. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X-A SMA Negeri 1 Pangkatan yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah tentang keaktifan dan kemampuan siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write dalam pokok bahasan dimensi tiga di Kelas X SMA Negeri 1 Pangkatan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Aktifitas dan hasil belajar siswa berdasarkan observasi pada siklus I menunjukkan prosentase sebesar 41,41% pada pertemuan I, 51,01% pada pertemuan II, dan meningkat menjadi 60,61% pada pertemuan III. Keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan observasi pada siklus I menunjukkan persentase sebesar 58,33% pada pertemuan I, 58,33% pada pertemuan II dan meningkat menjadi 66,67% pada pertemuan III. Hal ini menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) sudah terlaksana dengan cukup baik. Hasil yang diperoleh siswa saat tes evaluasi II cukup baik. Ternyata masih ada 9 siswa yang mendapat nilai kurang dari rata


Full Text:

PDF

References


Abdurahman, Mulyono, 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan, Penerbit: Rineka Cipta, Jakarta.

Huinker, D. & Laughlin, C. 1996. Talk Your Way Into Writing. Dalam Communication in Mathematics K-12 and Beyond, 1996 Year Book. The National Counsil of Teacher of Mathematics.

Munandar, 1999. Mengembangkan Bakat dan kreatifitas Anak Sekolah, Penerbit: PT. Gramedia Widiasarana, Jakarta.

Negoro, ST, Harahap B, 2000. Ensiklopedia Biologi, Penerbit: Ghalia Indonesia: Jakarta.

P. Napitupulu, 2006. Pentingnya Pendidikan, Kompas.

Sarbana B, Diana D, 2002. AMPUH Menjadi Cerdas Tanpa Batas, Penerbit: PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Silbermen, M. Malvin L, 2006. Active Learning: 101 Models To Teach Any Subject, A Simon & Shuster Company.

Sudiwinoto, 1999. Kontribusi Realisyic Mathematics Educations (RME) dalam Mengatasi Phobia Biologi, http://wordpress.com.tag.ipi-volume1-nomor-1/feed.

Suyatno. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rineka Cipta : Jakarta.

Syah Noor, Firman, 2007. Mutu Pendidikan Biologi di Indonesia Rendah,

Yamin M, Ansari BI, 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa, Penerbit: Gaung Persada Press, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v2i1.1292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.