PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED

Suriyani M.Pd

Abstract


Pengembangan kemampuan berpikir kreatif perlu dilakukan karena kemampuan ini merupakan salah satu kemampuan yang dikehendaki dunia kerja.Tidak diragukan lagi bahwa kemampuan berpikir kreatif juga menjadi penentu keunggulan suatu bangsa. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Open-Ended. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekivalen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIIIdengan mengambil sampel empat kelas (dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol) melalui teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan awal matematika, dan tes kemampuan berpikir kreatif. Pengujian hipotesis statistik dalam penelitian ini menggunakan rumus ANAVA Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar menggunakan pendekatn Open-Ended lebih baik dari pada yang diajar dengan pembelajar konvensional jik. Berdasarkan temuan penelitian pendekatan Open-Ended




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v3i2.1302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.