EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION (DI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH-25 RANTAUPRAPAT

Maya Khairani Nasution, Irmayanti Irmayanti, Eva Julyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat tidaknya Efektifitas Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Bilangan Pecahan Kelas VII SMP Muhammadiyah-25 Rantauprapat Tahun Pembelajaran 2017/2018 dan untuk mengetahui pengaruh Efektifitas Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Bilangan Pecahan Kelas VII SMP Muhammadiyah-25 Rantauprapat Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi-eksperimen (quasi experiment) dengan rancangan pretest-postest dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 25 Rantauprapat yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII-A sebanyak 30 siswa dan VII-B sebanyak 31 siswa dengan jumlah seluruh populasi adalah 61 siswa. Sampel penelitian diambil kelas VII-B yang berjumlah 31 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling (sampling pertimbangan). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep dalam bentuk essay sebanyak 5 soal dan angket respon siswa sebanyak 7 pernyataan. Data rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 9,13 dengan standar deviasi sebesar 1,43. Setelah diberikan perlakuan diperoleh data rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 16,00 dengan standar deviasi sebesar 1,44 dan mengalami persentasi kenaikan sebesar 75,25%. Pada penelitian ini teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan skala likert dan uji t. Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap model Direct Instruction terhadap diperoleh rata-rata  persentasi sebesar 84,60% yang artinya sangat suka. Pada hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai sig < taraf sig yaitu 0,0000 < 0,05 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 29. Dengan demikian Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Direct Instruction terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah-25 Rantauprapat Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Full Text:

PDF

References


Relawati, Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran CORE dan Pemnbelajaran Langsung Pada Siswa SMP. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran Vol. 2 No. 2. 2016

Hamka, Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Langsung Pada Materi Sistem Gerak di SMA Negeri 1 Donri-Donri. Jurnal Bionature Vol. 16 No. 1. 2015.

Fatmawati, Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Bentuk Aljabar di SMP Alkhairaat 1 Palu. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 2. 2014.

Kesumawati, Pemahaman Konsep Matematika Dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Semnas Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2008.

Mutohar, Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Semnas.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v4i2.1313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.