EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN COOPERATIPE INTEGRATED READING AND COMPOCITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS X SMA NEGERI 2 TORGAMBA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Nuranni Hasmiah Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep dan untuk mengetahui bagaimana proses jawaban siswa. Jenis penelitian ini adalah semi eksperimen (quasi eksperimen). Data yang diperoleh thitung = 6,466. Setelah membandingkan harga thitung dengan harga ttabel dengan taraf nyata α = 0,01 untuk daftar distribusi t diperoleh ttabel = 2,856, karena thitung tidak terletak diantara – 2,856 dan 2,856 maka Ho ditolak dengan kata lain Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang nyata antara hasil belajar siswa dengan menggunakan efektivitas pembelajaran cooperatipe intregrated reading and compocition (CIRC) untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar matematika pada materi persamaan linear dua variabel di kelas X SMA Negeri 2 Tor gamba  Tahun Pelajaran 2017/2018.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2002. Populasi dalam Suatu Penelitian. Bina Aksara, Jakarta.

Bloom dalam Russefendi. 2010. Klasifikasikan Pemahaman. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Djamarah. 2016. Proses Kegiatan Belajar. . Rineka Cipta. Jakarta.

Engstrom. 2012. Sintaks Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Forgati. 2011. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC.PT. Raja Grafindo. Bandung.

Ibrahim, 2000. Manfaat Strategi Pembelajaran Kooperatif, Yudhistira, Jakarta.

Khairunisa. 2011. Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi Belajar Matematika Melalui Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Materi Ajar Lingkaran Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Utara Tahun pembelajaran 2011/2012.

Linda Lundgren, 2000. Strategi pembelajaran kooperatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Michener dalam Herdian. 2010. Pemahaman Merupakan Salah Satu Aspek dalam Taksonomi Bloom. Bina Aksara, Jakarta.

Nurjannah. 2010. Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi Belajar Matematika Melalui Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Materi Ajar Sistem Bilangan Bulat di VIII MTs. Negeri 2 Rantauprapat Tahun pembelajaran 2010/2011.

Rizky. 2009. Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi Belajar Matematika Melalui Cooperatif Integrated Reading and Composition I(CIRC) Pada Materi Ajar Sistem Persamaan Linear Satu Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Tahun pembelajaran 2008/2009.

Slavin. 2014. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC.PT. Raja Grafindo. Bandung.

Suherman, 2014. Pembelajaran Kooperatif dalam Matematika, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Steven, Slavin, 2014. Kooperatif Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Jemmars, Bandung.

Sudjana. 2012. Tes Peningkatan Pemahan Belajar Matematika. Penerbit Bumi Akasara. Jakarta.

Tinto. 2012. Sintaks Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC. Penerbit Alfabeta, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v4i2.1355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.