PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SILANGKITANG

Nurafni Afriani, Laili Habibah Pasaribu, Rohani Rohani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa memalui pendekatan Open-Ended di kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang yang terdiri dari 5  kelas. Sampel penelitian di ambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik  Random Sampling, yaitu kelas XI-IPA-2 dengan menggunakan pendekatan Open-Ended dan kelas XI-IPA-1 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah  tes kemampuan penalaran matematika siswa dalam bentuk essay. Data rata-rata pre-test kelas eksperimen dan kontrol sebesar 37.17 dan 35,87. Setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh data rata-rata post-test pada kelas Eksperimen sebesar 61.60 dengan dan pada kelas kontrol sebesar 54,93 . Pada hasil pengujian N-Gain nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 24,43 dan pada kelas kontrol sebesar 19,07 dengan selisih rata-rata N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 5,36. Pada hasil pengujian hipotesis nilai rata-rata N-Gain diperoleh pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk=58 nilai signifikan 0.016<0,005. Dengan demikian berarti Ha diterima yang berarti terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa melalui pendekatan Open-Ended Di Kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Full Text:

PDF

References


Wulandari, Enika. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Melalui Pendekatan Problem Posing Siswa Di Kelas VII A SMP Negeri 2 Yogyakarta. Universitan Negeri Yogyakarta: 2011.

Lestari, Indah. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surya. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, I (2), 1-8,2016.

Ruslan. (2013). Pengaruh Pemberian Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Universitan Negeri Semarang, Jurnal Keano, ISSN:2086-2334 Volume 4 Nomor 2 Bulan Desember 2013.

Sri, Tina Sumartini. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 5, Nomor 1, April 2015.

Ariani, Desi. (2014). Pengaruh Implementasi Open-Ended Problem Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan pengendalian Kemampuan Penalaran Abstak. Universita Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Volume 4 Tahun 2014).

Wahyu, Priyogo Rochmanto. (2014). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa. UIN Syarif Hidayatullah :2014.

Udis, S wiranataputra. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.

Udhayani, Lovia. (2014). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Strategi Problem Based learning Bagi Siswa SMK. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Nursyahidah. (2016). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Dalam Belajar Garis dan Sudut Dengan Geogebra. Universitas PGRI Semarang Suska Journal Of Mathematics Education Vol. 2, No.1, 2016, Hal 13-1.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v4i2.141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.