Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Metode Behavior Modification dan Metode Guided Discovery pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri I Merbau

Indah Fitria Rahma, Nurlina Ariani Hrp, Rohani Rohani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perbedaan hasil belajar matematika siswa yang di ajar dengan metode behavior modification dan guided discovery pada bahasan kubus dan balok dikelas VIII SMP Negeri 1 Marbau. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Marbau Kabupaten Labuhanbatu. Dalam penelitian ini populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marbau tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 230 dan dibagi menjadi 6 kelas yang dibagi tidak berdasarkan tingkat kemampuan siswa artinya siswa disebar secara merata. Metode yang digunakan adalah metode kuasi (semu) sebab kondisi-kondisi siswa tidak dapat dikontrol secara keseluruhan, seperti : pengerjaan rumah, hubungan siswa dengan orang tua, hubungan siswa dengan lingkungan tempat tinggal, dimana penelitian dilaksanakan pada 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2. Dari hasil perhitungan pengujian hipotesis tes, kriteria pengujian adalah thitung > t(1-  α) dari perhitungan diatas diperoleh thitung =2,37 dan ttabel = 1,997 artinya bahwa H0 ditolak Ha diterima. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan metode behavior modification dengan metode guided discovery pada pokok bahasan kubus dan balok dikelas VIII SMP Negeri 1 Marbau tahun ajaran 2014/2015. Kesulitan belajar matematika yang masih dialami siswa dalam pembelajaran metode behavior modification dalam mempelajari pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Marbau yaitu siswa kesulitan dalam memahami soal dan siswa kesulitan menyatakan soal dalam bentuk matematika

Full Text:

PDF

References


Ali, M., Ismail, Z., (2004); Assessing Student Teachers Understanding of The Biology Through Concept Mapping, Universiti Sains Malaysia.

Baharuddin et, al, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2008, Cet.III

Branen, Julia, Memadu Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004, Cet. IV

Dahar, Ratna Willis. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Djamarah & Zain. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah & Zain. (2013). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, B. Uno. 2010. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, Robby. 2005. Wawasan Seni Tari. Malang: Perpustakaan Nasional.

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono, Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000

Mulyoto. 2013. Strategi Pembelajaran Di Era Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustaka Karaya.

Nasution, S. 1982. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-ruzz Media.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sitanggang, Natanel. 2013. Variable Penentu Kepemimpinan Pendidikan Kejuruan. Medan : Unimed Press.

Situmorang, Benyamin. 2013. Penelitian dan Pendidikan Konsep dan Implikasi. Medan : Unimed Press

Sudjana. 2001. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito. Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v5i1.1432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.