UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MEMAHAMI PEREDARAN DARAH MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT DI KELAS V SD NEGERI 114368 PULO JANTAN

Hasnah Hayati Sirait

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara meningkatkan prestasi belajar Memahami Peredaran Darah serta bagaimana siswa menyikapi relevansi penerapan model pembelajaran Team Games Tournament  pada proses belajar mengajar IPA dalam meningkatkan ketuntasan dan prestasi belajar. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan di SD Negeri 114368 Pulo Jantan  Tahun Pelajaran 2018/2019.  Objek penelitian adalah siswa kelas  V  yang berjumlah 20  siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik  analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan dua aspek yang diukur yaitu Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran, diperoleh dari aspek Partisipasi dalam pembelajaran pada Siklus ke dua semua aspek mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Mayoritas siswa sudah terlibat dan aktif berdiskusi untuk memecahkan masalah  yaitu mencapai 15 siswa (83,33%). Begitu juga kemampuan siswa untuk Mengajukan pendapat, bertanya atau berkomentar kepada guru dan siswa  dari 6 orang pada Siklus Pertama. Meningkat  menjadi 16 orang  (88,88%) pada Siklus ke Dua.  Kemampuan dan kemauan  dalam mengerjakan tugas dan membuat simpulan sendiri meningkat menjadi  14 siswa (77,77%). Pada Siklus Kedua, siswa yang belajar tuntas mencapai 16 orang (88,88%). Dapat disimpulkan bahwa  hasil Siklus Kedua dari aspek Partisipasi/Keaktifan dalam  proses pembelajaran tercapai secara optimal, sebab  rata-rata persentase yang dicapai sudah 86,8% dan ketuntasan belajar  juga meningkat pada Siklus pertama  hanya 10  Siswa yang termasuk dalam kategori sudah tuntas belajar menjadi 16 siswa (88,88%) untuk kelulusan siswa sudah mencapai 87,5%, artinya metode pembelajaran Teams Games Tournament  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam memahami Memahami Peredaran Darah pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 114368 Pulo Jantan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian dan Penilaian Hasil Belajar. Jakarta : Bina Aksara.

Dimyati. dan Mudjiono. (2002). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Renika Cipta.

Fathurohman, P.dan Sutikno, M.S (2007). Strategi Belajar Mengajar.bandung: PT Rafika Aditama.

Hanifah, N. Dan Suhana, C. (2009). Konsep strategi pembelajaran. Bandung: PT Rafika Aditama.

Parawika, I.W. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Sausu pada Mata Pelajaran IPA Melalui Medel Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Program Studi Pendidikan PGSD FKIP Palu UNTAD: Skripsi tidak diterbitkan.

Sumiati. dan Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV.Wacana Prima.

Taniredja, H., Faridli, M.E, dan Harmianto, S. (2014). Model Model Pembelajaran Inovatif Dan Evektif. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v5i1.1439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.