Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas VII SMP Budi Utomo

Eva Julyanti, Lily Rohanita Hasibuan, Sakinah Ubudiyah Siregar, Windi Listiana, Yusnita Adelina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa di kelas VII SMP Budi Utomo. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP dengan mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan  dengan analisis deskriptif kuantitatif dengan mendeskripsikan persentase data kuantitatif yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode snowball throwing dalam pembelajaran dapat mengatasi masalah siswa kelasVII SMP Budi Utomo, yaitu siswa dapat memahami materi yang diberikan oleh guru.  Hal ini dapat dilihat dari pemahaman siswa untuk setiap aspek pada setiap siklus mengalami peningkatan sehingga target yang diinginkan tercapai. Pada siklus I dari 34 siswa diperoleh data bahwa siswa yang mendapatkan nilai ≥ 65 sebanyak 16 siswa dengan rata-rata kelas 61,48. Sehingga dapat dikatakan hanya sekitar 47,07% siswa sudah tuntas. Sedangkan pada siklus II, dari 34 siswa diperoleh data bahwa siswa yang mendapatkan nilai ≥ 65 sebanyak 30 siswa dengan rata-rata kelas 78,87 sehingga dapat dikatakan 88,24 % siswa sudah tuntas dan telah memahami materi. Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh pada penelitian ini, dapat diketahui bahwa siswa mengalami peningkatan dan nilainya sudah sesuai dengan target yang diinginkan oleh peneliti maupun sekolah. Berdasarkan hasil analisis data dari kedua siklus tersebut, hasil tindakan pada siklus II mengalami peningkatan bila dibandingkan pada siklus I. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Budi Utomo.

Full Text:

PDF

References


Undang-undang SISDIKNAS. (2007) “Sistem Pendidikan Nasionalâ€. Sinar, Jakarta:

Aris shiomin, (2016). “Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013â€. Media Grup, Yogyakarta.

Ngalimun, (2016). Strategidan Model Pembelajaran. Aswaja Prasindo, Yogyakarta

Djamarah, Syaiful.B., (2006), Strategi Belajar Mengajar, Rhineka Cipta, Jakart.

Arikunto, S., (2006), Manajemen Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v5i2.1504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.