Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X MIA SMAN 6 Binjai TP 2018-2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok pencemaran lingkungan kelas X MIA SMAN 6 Binjai TP 2018-2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas X MIA, Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara acak (Random sampling). Dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol yang diajar menggunakan problem based learning. Kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas kontrol berjumlah 29 orang, sehingga jumlah keseluruhan sebanyak 62 orang. Rata–rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 82,43 dan kelas kontrol 75,69. Uji hipotesis menunjukkan bahwa perhitungan thitung ≥ ttabel (3,404 ≥ 1,999) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Maka, disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Untuk perhitungan aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata nilai aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen (89) lebih tinggi dibanding niali rata-rata kelas kontrol (65,4). Uji hipotesis menunjukkan thitung ≥ ttabel (3,48 ≥ 1,99), maka dinyatakan H0ditolak dan Haditerima. Dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap aktivitas belajar siswa. Maka dari itu, dapat dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X MIA SMAN 6 Binjai TP 2018-2019. Â
Â
Full Text:
PDFReferences
Afriana., Permana., Fitriani., (2016), Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2) : 202-212.
Insyasiska., Zubaidah., Susilo., (2015), Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi, Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1),9-21.
Knutsson., (2010), Reality Based Learning, How to get Business Students Down to Bussiness.International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 22(3), 277-286.
Mukra., Nasution, Y., (2016), Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran dan Pelestarian Lingkungan Hidup, Jurnal Pelita Pendidikan, 4(2), 122-127.
Noor, A., (2007), Teaching Thingking Skill Redesigning Classroom Pratices, Universitas Brunei Darussalam.
Rezeki., Nurhayati., Mulyani., (2015), Penerapan Project Based Learning Disertai Peta Konsep dalam Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar, Jurnal Pendidikan, 4(1), 74-81.
Rustaman, N., (2005), Strategi Belajar Mengajar Biologi, Malang, UNM Press.
Yulianto., Fatchan., Astina., (2017), Penerapan Model Pembelajaran Project Based
Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan, 2(3), 448-453.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1655
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.