PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT

Puji Ningsih Sri Hariati, Lily Rohanita, Islamiani Safitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa dengan menggunakan media video animasi di SMP Swasta Pemda Rantauprapat. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan bentuk one-Shot Case Study. Subjek penelitian ini adalah kelas VII C yang berjumlah 31 siswa. Indikator respon siswa yang diteliti adalah siswa mendengarkan penjelasan pembelajaran menggunakan media, siswa aktif dan tanggap dalam pembelajaran, siswa berani bertanya, dan siswa berani menyampaikan pendapat.  Analisis terhadap hasil angket menunjukkan adanya peningkatan respon siswa melalui penggunaan media video animasi dalam pembelajaran matematika. Peningkatan ini dibuktikan dengan hasil rata-rata yang di dapat dari angket yaitu 67,58  (kategori tinggi). Dan dari data hasil observasi di dapatkan data  yaitu 81,25% (Indikator Sangat Baik). Sedangkan hasil dari wawancara mendapat hasil jawaban yang sangat baik.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.

G.P, M. d. (2013). Respon Siswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Oleh Guru IPA Biologi di Kecamatan Kendawanga. Wahana-Bio , 1-10.

Ranang. (2010). Animasi Kartun dari Analog Sampai Digital. Jakarta: PT. Indeks.

Safitri, I. (2017). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika di Kelas X SMA Muhammadiyah 10 Rantauprapat Tahun Pembealjaran 2016/2017. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) , 14-23.

Safitri, I., Rohani, Suharni, S., & Lubis, K. (2019). The Effectiveness of Android Application as a Student Aid Tool in Understanding Physics Project Assignments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII) , 512-520.

Safitri, Islamiani. (2017). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DIKELAS X SMA MUHAMMADIYAH-10 RANTAUPRAPAT TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) , 14-23.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitati,f Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, A. (2013). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Kalam Cendekia PGSD Kebumen , 1-7.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.