Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamen (TGT) dan Alat Peraga

Muliana Muliana, Nuraina Nuraina

Abstract


Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Penelitian ini meneliti tentang model pembelajaran kooperatif tipe teams-games-tournamens (TGT) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa berbantuan Alat Peraga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 1 dan SMPN 2 Muara Batu dan sampelnya siswa Kelas VIII yaitu kelas VIII-1 dan VIII-2. Penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok pembelajaran yaitu kelompok eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams-games-tournamens (TGT) dan kelompok kontrol dengan pembelajaran biasa. Penelitian ini diawali dengan uji instrumen yang menunjukkan bahwa (1) Validitas, (2) Reliabilitas, (3) Daya Pembeda dan (4) Tingkat kesukaran soal. Selanjutnya pemberian soal pretest pada awal pembelajaran dan diberikan soal posttest pada akhir pembelajaran disetiap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa dalam bentuk uraian masing-masing sebanyak 5 butir soal. Pengolahan data menggunakan uji gain ternormalisasi dilanjutkan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji statistik berupa ANAVA dua Jalur untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams-games-tournamens berbantuan Alat Peraga lebih baik dibandingkan dengan siswa pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa.


Full Text:

PDF

References


Ansari, B.I. 2009. Komunikasi Matematik. Banda Aceh: Yayasan PeNA.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum 2004, Standar Kompetensi, Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Fakhruddin. 2010. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Kooperatif. Tesis. Medan: UNIMED

Muheb, S. 2004. Model-model Pembelajaran Bidang Sains Pendidikan dan Pelatihan Guru-guru SMA Aceh. Banda Aceh: UNJ

Muliana. 2013. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (P-PMR) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik siswa di Sekolah Menengah Pertama. Tesis. Medan: UNIMED

Nuraina. 2013. Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis. Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournamens (TGT) Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Gandapura Kabupaten Bireuen. Tesis. Medan: UNIMED

Priyatno, D. 2008. Lima Jam Belajar Olah Data Dengan SPSS 17. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v6i2.1679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.