Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kualuh Selatan

Yustika Pohan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet terhadap minat dan hasil belajar matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kualuh Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Ex-post Facto. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kualuh Selatan dengan jumlah populasi 138 siswa. Sampel dalam Penelitian ini yaitu kelas VIII-4. Validitas instrumen angket dilakukan dengan analisis butir menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan kolmogorof smirnov dan uji linieritas. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji manova. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan internet terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kualuh Selatan sebesar 91% dengan nilai Thitung = 16,507 (>Ttabel = 2,052) taraf signifikan 5% dan ada pengaruh yang negatif terhadap penggunaan internet terhadap hasil belajar matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kualuh Selatan sebesar 14%. Dengan nilai Thitung = -0,611 (<Ttabel =r 2,052) taraf signifikan 5%. Serta terdapat pengaruh penggunaan internet terhadap minat dan hasil belajar matematis kelas VIII SMP Negeri 1 Kualuh Selatan dengan semua nilai menunjukkan nilai Sig. (0,000). maka nilai Sig (0,000) < 0,05. Kesimpulan ada pengaruh penggunaan internet terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kualuh Selatan. Saran siswa sebaiknya memanfaatkan fasilitas internet yang disediakan untuk menambah wawasan dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

Full Text:

PDF

References


Arsyad. Azhar, (2015). Media Pembelajaran. Rajawali Press : Jakarta.

Ahmad. Susanto, (2016).Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arizona, N. D. (2017). “Aplikasi Pengolahan Data Anggaran Pendapapatan dan Belanaj Desa (APBDES) Pada Kantor Desa Bakau Kecamatan Jawai Berbasis Webâ€, Volume 1. Nomor 2. 2018.

Ayu Permata Sari dan Novera Utami. “Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 13 Kerinciâ€, Volume 2. Nomor 1. Maret 2019.

Devi Arisanti, Mhd. Subhan. “Penagruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim di SMP kota Pekanbaruâ€, Volume 3. Nomor 2 . 2018.

Erlando, “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematikaâ€, Volume 6. Nomor 35-43. 2016.

Elizabeth B. Hurlock. (1980). Psikologi Perkembangan. Erlangga : Jakarta.

Fenny, dkk. “Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Angkatan Tahun 2017â€, Volume 4. Nomor 2. 2018.

Fitri S. “Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Anak. Naturalisticâ€, Volume 1. Nomor 2. 2017

Hamzah B. Uno, Nina Lamatenggo (2017), Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajara, Bumi Aksara: Jakarta

Khafid Ismail. “Pengaruh Penggunaan Internet Tehadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas X SMK Nurul Huda Sukaraja Oku Timurâ€, Volume 1. Nomor 1. Februari 2017.

Mujib. Muhammad. Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan kalijaga. Yogyakarta. 2017.

Mudiyanah (2015). Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai sumber Belajar Geografi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Jakarta : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ningsih, S. W., & Irmayanti, R. M. A. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN TERBUKA (OPEN ENDED APPROACH) DAN JENIS KELAMIN TERHADAP HASIL TES BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 6 TORGAMBA. JURNAL BERKALA MAHASISWA, 1(1), 31-38.

Normi, dkk “Pengaruh Pemanfaatan Internet Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XII IPS MAN 2 Kandanganâ€, Volume 3. Nomor 4. Juli 2016.

Prawiradilaga, Dewi Salma. (2012). Wawasan Teknologi Pendidikan. Prenada Media Group: jakarta.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Press: Jakarta.

Setiani, Ani., & Priansa, Doni. J. (2015) Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.

Slameto. (2015) Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.

Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta..

Syah.Muhibin, (2017). Psikologi Pendidikan. Rajawali Press: Jakarta.

Warsita, Bambang. (2014). Peran Profesi Pengembanagan Teknologi Pembelajaran di Sekolah dalam Mensukseskan Pelaksanaan Kurikulum 2013. Jakarta : Pustekkom Kemdikbud, Jurnal Teknodik. Volume 18. Nomor 2, Agustus 2014.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v6i2.1850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.