Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas X di SMK Swasta Az-Zahra Sonomartani T.P. 2019/2020
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika, serta efektifitas pengguanaan model pembelajaran Examples Non Examples dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah  Quasi eksperimen serta dilakukan  di SMK Az- Zahra sonomartani dengan jumlah siswa 33 orang. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif data, dengan uji t serta uji gain. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa:  (1)  dengan menerapkan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan kemapuan berfikir kritis siswa memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan model pembelajaran tersebut  yaitu 57,30 dibandingkan 83,55. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum menggunakan model pembelajaran examples non examples 75 setelah menggunakan model pembelajaran examples non examples 95. Berdasarkan hasil uji t dengan menggunakan SPSS 17.30 diketahui nilai signifikan 0,0510 > α = 0,05 sehingga Ha diterima. Berarti terdapat pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (2) Hasil uji N-Gain Score menunjukan bahwa nilai rata-rata N-gain score untuk metoda pembelajaran Examples Non Examples sebesar 62,6187 atau 62,62 % dengan kategori cukup efektif. Simpulan dengan penggunaan model pembelajaran Examples Non Examples cukup efektif dalam meningkatkan berfikir kritis siswa semakin  tinggi  sesuaian dengan kegiatan ekstrakurikuler dengan minat maka semakin tinggi kreativitas siswa dengan nilai rxy1=0,546 (2) Semakin tinggi kesesuaian kegiatan ekstrakurikuler dengan minat maka semakin tinggi kemandirian dengan nilai rxy2=0,599. (3) Semakin tinggi kesesuaian kegiatan ekstrakurikuler dengan minat maka semakin tinggi kesiapan kerja siswa dengan nilai rxy3=0,574.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta..
Ali, Muhammad. (2013). Statistik Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Patama Publishing..
Amri, Sofan. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustaka Publisher.
Arikounto, Suharismi. (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara..
Asrul,dkk. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Citapustaka Media.
Astuti ( 2018), “Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil belajar Matematika Siswa Kelas X SMP Negeri 1 Bangkinangâ€, diakses pada (http://ejournal.stkip-pgri sumbar.ac.id/index.php/jurnal-lemma/article/view/1902/pdf) tanggal 7 Februari 2018, 14.05 WIB.
Bahri, Syaiful. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Irmayanti, I. (2019). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Siswa yang Diajarkan dengan Model Pembelajaran Example Non Example di SMP Negeri 1 NA. IX-X pada Tahun Ajaran 2017/2018. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 5(1), 16-20.
Jaya, Indra. (2010). Statistik Penelitian Untuk Pendidikan. Medan: Cita Pusaka. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, (2017),http://kemdikbud.go.id/ main/files/download/9c7fdf36a39328d
Rasyidin, Al dan Wahyuddin Nur Nasution. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v6i2.1864
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.