Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristic Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Badar

Deo Martinsen Berutu, Iryana Muhammad, Herizal Herizal

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 2 Badar dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design dan menggunakan rancangan penelitian noneqivalent post test only control desai grup. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa SMP Negeri 2 Badar dengan sampel siswa kelas VII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen yang diambil dengan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis data yang dilakukan untuk tes kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji-t karena data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen, kemudian data diolah menggunakan software Spss 18. Sesuai kriteria pengujiannya jika nilai pada kolom sig<0,05 maka H0 ditolak. Dari hasil statistik Equal variances not assumed adalah 0,016 lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.


Full Text:

PDF

References


Rahma, N. 2013. Hakikat Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. 1(2),pp. 1-10

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Sumarmo, U. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Lestari, K.E & Yudhanegara, M.R,.2018. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mullis, I., Michael O Martin, Pierre Foy, & Martin Hooper. 2016. TIMSS 2015 International Results in Mathematics. USA: TIMSS & PIRLS International Study Center

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics.Reston, VA: NCTM.

Nurfatanah, dkk. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding seminar dan diskusi nasional pendidikan dasar 2018: pp.550.

Purba, O.N., & Syahriani, S. 2017. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan model LAPS-Heuristic di SMA Shafiyyatul Amaliah. Jurnal Mathematics Paedagogic. Vol. II. pp. 31-39.

OECD. 2016. PISA 2015 Result and Focus. https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015- resultsin-focus.pdf

OECD. 2019. Programme For Interntional Student Assessment (PISA) Result From PISA 2018. https://www.oecd.org>pisa2018_CN_IDN.pdf

Fiqriah,R. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Polya Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sinjai Selatan. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar

Rahman, dkk. 2018. Pengaruh model pembelajaran LAPS (Logan Avenue Problem Solving)-Heuristik. Jurnal Wacana Akademia.2(1), pp. 48

Sari, R.S. 2016. Keefektifan Model LAPS-Heuristic Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Tanggung Jawab Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran Geometri.Skripsi. Semarang: Universitas Negeri semarang

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tahir, F., Kodirun. & Prajono, R. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Maasalah Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Kendiri. Jurnal penelitian matematika. 7(3),pp. 49

Wahyuni, S. 2015. Pengembangan Karakter Kedisiplinan dan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model LAPS-Heuristic Materi Lingkaran Kelas-VIII. Unnes Journal Of Mathemtics Education. 4(2), pp. 143-151




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v7i2.2214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.