Meningkatkan Kemampuan Dasar-Dasar Aljabar Melalui Kegiatan Matrikulasi Dimasa Covid-19

Fepryna Yenti

Abstract


Dilatar belakangi banyaknya kelemahan pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh(PJJ) diantaranya kesulitan dalam memantau aktifitas belajar mahasiswa, keterbatasan dosen saat menjelaskan konsep mater serta jaringan internet yang kadang tidak stabil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan dasar-dasar aljabar melalui kegiatan  matrikulasi untuk mahasiswa baru program studi Manageman Logistik Industri Agro Politeknik ATI Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan One Group Pretes-Postes Desing. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan dengan metode tes untuk memperoleh nilai awal dan akhir matrikulasi. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Rata-rata nilai matrikulasi mahasiswa setelah pelaksanan kegiatan matrikulasi lebih tinggi dari pada nilai rata-rata mahasiswa sebelum pelaksanaan kegiataaan (2) Melalui kegitan matrikulasi dapat meningkatkan kemampuan dasar-dasar aljabar mahasiswa baru program studi Manageman Logistik Industri Agro Politeknik ATI Padang

Full Text:

PDF

References


Himpunan Peraturan Akademik Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. 2009. Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor: 008/SK/R/UI/2008 tentang Penyelenggaran Perkuliahan Matrikulasi Untuk Program Magister dan Doktor di Universitas Indonesia Pasal 7. (Online), tersedia di http:// panduan.cs.ui.ac.id/?p=466

Rosliana, N., Permanasari, A., dan Sudargo, F . 2014. Gambaran Hasil Belajar Matrikulasi Kimia Kesehatan di Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat STIKES Dharma Husada Bandung. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun II. No. 2, hlm. 187-194.

Riyanto, Y. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Utin Desy, Susanti. 2016. Eksperimental Matrikulasi ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal Mahasiswa Semester 1 Program Studi Pendidikan Mateamtika IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, Vol.5 No. 1, Juni 2016. Hal 130-141

Budiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v7i2.2215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.