Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Berbantuan Software Autograph Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Kelas VIII

Hayatun Nufus, Herizal Herizal, Fira Atika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran TAPPS berbantuan software Autograph terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas VIII SMP Negeri 2 Dewantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design dan menggunakan rancangan penelitian posttest-only design with nonequivalent groups. Teknik pemilihan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sample. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Dewantara, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah dua kelas yaitu kelas VIII-a sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-b sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa yang dilakukan sesudah diberikan perlakuan pada salah satu kelas. Pengujian data diolah menggunakan software SPSS 16. Berdasarkan uji parametrik diperoleh signifikan 0.000 < taraf signifikan  = 0,05 berarti tolak H0 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada terdapat pengaruh model pembelajaran TAPPS terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi statistika kelas VIII SMP Negeri 2 Dewantara.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v7i2.2237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.