Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs

Masitah Masitah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran koopertif tipe STAD dibandingkan dengan kemampuan pemecahan yang diajarkan dengan pembelajaran langsung. Proses jawaban yang dikerjakan siswa dalam menyelesaikan masalah melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran langsung. Penelitian ini dikategorikan ke dalam penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini seluruh siswa MTs Negeri yang ada di Labuhanbatu yang berakreditasi A dan B yaitu terdiri dari 8 sekolah, 4 sekolah yang berakreditasi A dan 4 berakreditasi B. Sampel penelitian ini dipilih secara random terpilih 2 sekolah yaitu MTs Negeri 1 Rantauprapat akreditasi A dan MTs Negeri 2 Rantauprapat berakreditasi B. Data dinalisis dengan mengguna anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan:(1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran koopertif tipe STAD lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah yang diajarkan dengan pembelajaran langsung (0,000 < 0,05 (2) Proses jawaban yang dikerjakan siswa dalam menyelesaikan masalah melalui pembelajaran kooperatif Tipe STAD lebih baik dari proses jawaban yang diajarkan pembelajaran langsung. Saran selanjutnya diharapkan kepada guru, lembaga terkait dan peneliti selanjutnya adalah agar pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran matematika menekankan pada kemampuan pemecahan masalah dan menjadikan pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai salah satu pembelajaran matematika pada pokok bahasan yang lain.


Full Text:

PDF

References


Julyanti, E. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas VII SMP Budi Utomo. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS). Vol.5 No.2 hlm. 43-46 (2019)

Lie, A. 2002. Cooperatif Learning. Jakarta: PT Grasindo

Ansari, Bansu I. 2009. Komunikasi Matematika Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Yayasan Pena

Jihad, Asep. 2006. Miningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa dengan Metode IMPROVE. Bandung: Tesis SPs UPI

Arikunto, S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurlela. 2011. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA pada Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Kalkulator. Medan: Tesis UNIMED

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alphabeta

Ruseffendi, ET.1998. Statistika Dasa untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: Bandung Press




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v7i2.2261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.