Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Essay Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII MTs Pp Irsyadul Islamiyah Tanjung Medan

Nur Jannah Ritonga, Eva Julyanti, Rosmidah Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal essay melalui pendekatan pemecahan masalah pada pokok bahasan lingkaran pada kelas VIII MTSS PP Irsyadul Islamiyah Tanjung Medan tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTSS PP Irsyadul Islamiyah Tanjung Medan. Dalam penelitian ini responden dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Model pendekatan pemecahan masalah dengan model konvensional terhadap hasil belajar siswa digunakan untuk melihat perbandingan kreativitas siswa pada pembelajaran matematika. Desain penelitian yang digunakan dalam bentuk Posttest-Only Control Design. Teknik untuk pengumpulan data dalam penelitian adalah melalui Tes(ujian) yang diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah penerapan perlakuan (X), Observasi, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas, Homogenitas, dan Uji paired sample t-test, dan Uji independent t-test dengan bantuan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui adanya perbedaan antara rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum dan sesudah adanya penerapan dimana nilai rata-rata pre-test eksperimen adalah 58.20% dan pre-test kontrol adalah 66.80% menjadi 88.27% untuk post-test eksperimen dan 73.30% untuk post-test kontrol. Pada kelas ekperimen mengalami peningkatan sebesar 30.07%, sedangkan untuk kelas kontrol hanya mengalami peningkatan sebesar 8.50%.Adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Essay Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII MTsS PP Irsyadul Islamiyah dan konvensional dengan perbedaan sebesar 21.57%.


Full Text:

PDF

References


Enfoque, E. L., Monitoreo, D. E. L., Gallego, I., Proyecto Jalda, R. Villalta, A. C., Tapella, E., Gohl, E., Mendoza, R., Melorose, J., Perroy, R., Careas, S., Alianza internacional contra el VIH/SIDA, Centro de Investigación y desarrollo de la educación., María Antonia Rodríguez Arce, Campilan, D., Gaventa, J., Gonsalves, J., Guijt, I., Johnson, D., … Gómez, V. (2010). International Institute for Environment and Development, 07/80(2), 125.

Han, E. S., & goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Handayani Manurung, Tut Wuri; Surya, E. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dalam Meningkatkan Keemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) AL-Hidayah Medan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Herak, R., & Lamanepa, G. H. (2019). Meningkatkan Kreatifitas Siswa melalui STEM dalam Pembelajaran IPA Increasing Student Creativity through STEM in Science Learning. Jurnal EduMatSains, 4(1), 89–98.

Kenedi. (2017). Pengembangan Kreativitas Siswa dalam Proses Pembelajaran di Kelas II SMP Nergeri 3 Rokan IV Koto. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(2), 329–348.

Wati, R. W., & Sary, R. M. (2019). Analisis kemampuan menyelesaikan masalah soal cerita pada materi pecahan di sekolah dasar. 2. http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/394

Warli, W., & Yuliana, E. (2015). Peningkatan Kreativitas Pemecahan Masalah melalui Metode “What’s Another Way” pada Materi Bangun Datar Siswa kelas VII SMP. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(3), 208–222. https://doi.org/10.30998/formatif.v1i3.79.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v7i2.2286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.