Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Pemahaman Konsep Matematis: Sebuah Meta Analisis
Abstract
Full Text:
PDFReferences
H. Delyana. 2015. Matematika, Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended, Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Pendekatan. LEMMA, vol. 2, no. 1
C. Anwar.2014. Hakikat Manusia dalam Pendidikan Sebuah Tinjauan Filosofis. Yogyakarta: SUKA-Press
V. Rizqi. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Dengan Gaya Belajar-VAK. J. Medives J. Math. Educ. IKIP Veteran Semarang, vol. 1, no. 2, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/view/7529
O. D. P. Herawati, R. A. Siroj, and M. D. Basir. 2010. Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. J. Pendidik. Mat., vol. 4
N. P. Munarka and S. R. Dewi. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. J. Medives J. Math. Educ., vol. 2, no. 2
A. Rahman. 2012. Implementasi CTL dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1
A. Murizal. 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1
S. Sarniah. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. J. Medives J. Math. Educ. IKIP Veteran Semarang, vol. 3, no. 1, 2019, doi: 10.31331/medivesveteran.v3i1.709
H. Ulya and R. Rahayu. 2017. Pembelajaran etnomatematika untuk menurunkan kecemasan matematika. J. Penelit. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1
A. Gita, N. P. Murnaka, and K. I. Sukmawati,. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS) sebagai Upaya Mengatasi Miskonsepsi Matematis Siswa. J. Medives J. Math. Educ. IKIP Veteran Semarang, vol. 2, no. 1
S. Linuwih and N. O. E. Sukmawati. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Pemahaman Siswa pada Konsep Energi Dalam. J. Pendidik. Fis. Indones., vol. 10, no. 2, doi: 10.24127/ajpm.v4i1.127.
P. Anjasari. 2018. Masalah PLSV menggunakan Model Pembelajaran AIR berbantuan Media Puzzle. Universitas Muhammadiyah Malang
N. Aqilla. 2017. Meningkatkan Kreativitas dan Pemahaman Konsep Matematika melalui Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) Terhadap Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 23 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Universitas Muhammadiyah Purworejo
S. H. Mustamin and A. Kusumayanti. 2019. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Pada Siswa. Alauddin J. Math. Educ., vol. 1, no. 2, 2019, doi: 10.32493/sm.v2i2.5648
Siti Sarinah. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
B. Purnomo. 2018. Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, Repetition) Dan Course Review Horay. J. Ilm. SOULMATH, vol. 6, no. 1
H. L. Siregar, Y. P. Siregar, and L. Hamkim. 2020. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Math. Educ. J., vol. 3, no. 3, 2020, [Online]. Available: http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1779.
J. S. Wardani. 2018. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswakelas X Sman 3 Rambah Hilir. Universitas Pasir Pengaraian
I. P. Wijaya. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Muara Beliti Tahun Pelajaran 2017/2018. STKIP-PGRI
N. Q. Syarif. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Logika Matematik Pada Peserta Didik Kelas Viii Mtsn 1 Kota Makassar. UIN Alauddin Makasar
S. Arofah. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X. J. Deriv., vol. 6, no. 2, [Online]. Available: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38721
S. Fitri and R. B. Utomo. 2016. Pengaruh model pembelajaran auditory, intellectually, and repetition terhadap kemampuan pemahaman konsep di SMP Pustek Serpong. J. e-DuMath, vol. 2, no. 2, pp. 193–201
A. Susanto. 2019. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Model Reciprocal Teaching (Rt) Dan Model Air Auditory Intellectualy Repetition (AIR). Math Educ. J., vol. 3, no. 2, pp. 219–230,[Online]. Available: https://www.ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/matheduca/article/view/677.
D. S. Lestariani, N. Supriadi, R. Wahyu, and Y. Putra. 2020. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 2
U. F. Alan and E. A. Afriansyah. 2017. Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. J. Pendidik. Mat., vol. 11, no. 1, doi: 10.22342/jpm.11.1.3890.
R. R. Runisah, D. Ismunandar, S. Sudirman, and Y. G. Vianto. 2021. Auditory Intellectually Repetition: Apakah Berdampak Pada Kemampuan Pemahaman Geometri Siswa Berkemampuan Rendah?. JNPM (Jurnal Nas. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, p. 125, doi: 10.33603/jnpm.v5i1.4224.
E. Hairiah. 2018. Upaya Meningkatkan Pemahaman Turunan Pelajaran Matematika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Pada SMA Negeri 1 Tanah Grogot. J. Ilm. Pendidik. Eksakta, vol. 4, no. 4
S. Aprilia, H. S. Bintoro, and J. P. Purwaningrum. 2020. Penerapan Model Auditory Intelectually Repetition untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Berbantuan Media Roda Pintar Matematika,†ANARGYA J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 1, doi: 10.24176/anargya.v3i1.4764.
Mustaqimah. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Air (Auditory, Intellectually, Repetition) Dengan Setting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games-Tournament) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 15 Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
M. Pratiwi. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp. UIN AR-Raniry Darussalam-Banda Aceh
A. Afrida. 2020. Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Bernuansa Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Pemahaman Matematis Siswa Smk. Js (Jurnal Sekolah), vol. 5, no. 1 [Online]. Available: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/js/article/view/23308
M. Abrar, V. Apriliani, and J. Yunus. 2022. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp Melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. J. Stat. dan Mat., vol. 2, no. 2
R. E. Safriyana, S. Kamsiyati, and Chumdari. 2016. Peningkatan Pemahaman Konsep Pecahan Melalui Penggunaan Model Kooperatif Tipe Auditory Intellectually Repetition (Air). J. Didakt. Dwija Indria, vol. 6, no. 9
C. Jayanti, R. Rosmaiyadi, and M. Mariyam. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repitition (Air) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa PadaMateri Limas Kelas VIII. J. Educ. Rev. Res., vol. 1, no. 2, p. 100, doi: 10.26737/jerr.v1i2.1677
A. Tobroni. 2014. Pengaruh Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Madrasah Aliyah Ummatan Wasathan Pondok Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
F. Bahiroh. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Dengan Strategi Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp Dwi Sejahtera Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
A. Wildah. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually And Repetition Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin
D. Nitami, Sunandar, and H. Purwati. 2017.Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition ( Air ) Dan Number Heads Together ( Nht ) Ditinjau Dari Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dalam. Semin. Nas. Mat. DAN Pendidik. Mat. (2nd Senat., no. 2, pp. 165–169
R. Shabrina, R. Eliza, and C. Khaidir. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VII MTsN 2 Pesisir Selatan T . A 2020 / 2021. J. Cerdas Maha peserta Didik
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i1.2704
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.