Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Peningkatkan Kemandirian Belajar Siswa

Iryana Muhammad, Aklimawati Aklimawati, Nita Zahara

Abstract


Penelitian ini dilakukan melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 2 Dewantara dengan bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 2 Dewantara yang diterapkan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada diterapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan rancangan nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Dewantara yang terdiri dari 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemandirian belajar siswa sebelum diberikan perlakuan (pre test) dengan sesudah diberikan perlakuan (post test). Analisis data yang digunakan adalah software Microsoft Office Excel 2007 dan SPSS 18.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 2 Dewantara.


Full Text:

PDF

References


Jumaisyaroh,T.dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Kreano, Volume 5 No.2, Desember 2014:157-169

Aryanti, A. (2015). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Antara Siswa Yang Memperoleh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Tesis. Bandung: UPI

Priyatni,E.T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Malang: PT. Bumi Aksara

Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Perama Ilmu

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i1.2747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

   




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.