Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Self-Regulated Learning (SRL)

Rahmi Wahyuni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Talking Stick terhadap Self Regulated Learning (SRL) mahasiswa PGSD semester VI unit B. Penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan istrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan lembar angket. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD FKIP Universitas Almuslim semester VI unit B  dengan jumlah 30 orang. Setelah diadakan penelitian data hasil angket berupa data ordinal diubah kedalam data interval dengan menggunakan method of successive interval (MSI). Hasil analisis uji normalitas sig 0.786 > 0.05  (berdistribusi normal). Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh nilai sig sebesar 0,554 > a (0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh pembelajaran Talking Stick terhadap Self Regulated Learning (SRL).


Full Text:

PDF

References


Huda. M. 2014. Cooperative Learning. Metode, Teknik, struktur, dan model penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani. 2012. 58 Model PembelajaranInovatif. Medan: Media Persada

Sumarmo, Utari. 2010. Kemandirian belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. (diakses 18 Mei 2021)

Suprijono. A. 2016. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Qohar, A. 2010. Mengembangkan Kemampuan Pemahaman. Koneksi dan Komunikasi Matematis serta Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP Melalui Reciprocal Teaching. Pascasarjana Universitas Pendidikan Bandung; Disertasi (Tidak diterbitkan)

Tim Penatar Undiksha. 2007. Menggunakan Ctl Dan Asesmen Otentik Dalam Rangka Implementasi KTSP Di Sekolah Dasar. Universitas Ghanesha Singaraja

Tjalla, dkk. 2008. Hubungan antara Self Regulated Learning dengan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMUN 53 Di Jakarta Timur. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma

Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: CV. Ipa Abong

Yerizon. 2011. Peningkatan Kemampuan Pembuktian dan Kemandirian Belajar Matematik Mahasiswa Melalui Pendekatan M-Apos. Bandung: Disertasi Universitas Pendidikan Bandung.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i1.2758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.