Implementasi Lesson Study for Learning Comunity melalui Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Yessi Kartika, Ricki Yunandar
Abstract
Dominannya aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran akan mempengaruhi kemampuan siswa dalam berifir kreatif matematis dan membuat siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Selain itu dalam proses belajar banyak siswa kesulitan dalam berkolaborasi karena lebih focus mengerjakan tugas secara mandiri, sehingga mengabaikan teman lainnya. Salah satu penyebabnya adalah perangkat pembelajaran yang digunakan kurang memfasilitasi siswa untuk berdiskusi dan mengkonstruksi pengetahuan yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui pembelajaran Discovery Learning pada materi limit fungsi. Jenis penelitian ini, yaitu menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif. Subjeknya adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Juli. Data yang diperoleh berasal dari hasil validasi perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, observasi open class, hasil tes hasil belajar pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lesson Study For Learning Community. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada materi limit fungsi aljabar meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik sebelum tindakan dan sesudah tindakan yaitu: siklus I dengan ketuntasan 58,8 % menjadi 82,3% pada siklus II. Hasil aktivitas guru juga mengalami peningkatan yang signifikan dari presentase siklus I adalah 73.31% menjadi 92,44% pada siklus II dan aktivitas siswa dari presentase siklus I adalah 72,32% menjadi 90,44% pada siklus II sehingga penelitian ini di anggap berhasil dengan baik. Dengan demikian, dapat di simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan  Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari siklus I ke siklus II pada pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lesson Study For Learning Community
References
Fitriani, N., Gunawan, &Sutrio. 2017. BerpikirKreatifDalamFisinganDenganPembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 24-33
Hamdayam, J. 2014. Model dan MetodePembelajaranKreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Hobri.2016,â€Lesson Study for Learning Community: Reviw Hasil StudiJangkaPendekStudi di V†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Tema: Peran Matematika dan PembelajarannyadalammengembangkanKearifan local untukmendukung Pendidikan KarakterBangsaJawa Timur: Universitas (UNIRA).
Prusak, A. 2015. Nurturing Students’ Creativity Through Telling Mathematical Stories. The 9th Mathematical Creativity and Giftedness International Conference Proceedings. Romania: Sinaia
Moleong, L. J. 2014. MetodePenelitianKualitatif (Edisirevisi). Bandung: RemajaRosdaKarya.
Muis, A. 2013. PenerapanPembelajaran Problem Creating untukMeningkatkanKreativitasSiswa Kelas XI IPA.7 SMAN 1 Kota Bima. Tesistidakditerbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Kartika, Yessi.(2021).UpayameningkatkanhasilBelajarsiswamelalui model pembelajaran Discovery Learning denganberbantuan software Geogebra pada materi limit fungsi di kelas XI MAN 2 Bireuen.Jurnal GAMMA-PI 3(1).
DOI:
https://doi.org/10.36987/jpms.v8i1.2759
Refbacks
- There are currently no refbacks.
https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.