Pengaruh Media Pembelajaran Abacus untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa guru masih menggunakan metode ceramah yang membuat anak jenuh dan kurang antusias untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Dari 20 anak yang mengikuti pembelajaran, hanya 26,10% atau 6 anak yang hasil belajarnya diatas kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan sekolah. Pelaksanaan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Peneliti bertindak sebagai guru yang terlibat langsung dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus 1, hasil pengamatan memperlihatkan bahwa kinerja guru sudah baik tetapi masih ada kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki, keaktifan siswa masih kurang maksimal, dan hasil evaluasi belajar siswa yang mencapai nilai ketuntasan ada 14 anak dengan prosentase ketuntasan klasikal 60%. Siklus 2, hasil pengamatan memperlihatkan kinerja guru sudah baik, kekurangan - kekurangan yang ada pada siklus 1 sudah tidak nampak lagi, anak aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, dan anak yang mencapai nilai ketuntasan ada 19 anak dengan prosentase klasikal 87%. Ketuntasan belajar meningkat dari 60% menjadi 87%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan media papan perkalian pada materi perkalian memberi dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar anak.
Full Text:
PDFReferences
Hamijaya, Ahmad. (2010). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung. Semarang: UPUD Press
Sanjaya, Sukardi. (2010). Media Abakus. Jakarta: Masykur Office
Wibawa Basuki. (2017). Managemen Pendidikan Teknologi Kejuruan dan Vokasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Edu. (2006). Cara Mudah Belajar Sempoa. Jakarta: Gramedia
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i1.2787
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.