Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara Melalui Model Pembelajaran project Based Learning

R. Maisaroh Rezyekiyah Siregar

Abstract


This study aims to see the magnitude of in increase in the self-regulated learning of students by using a project based learning model. This study method was quantitative. The sample in this study were taken using purposive sampling technique. The research instruments used were (1) test essay test to classify students based on ability level (2) questionnaire to see student self regulated learning.The instrument was be avowed to have met the requirements of content validity, as well as the reliability coefficient. The magnitude of the increase in the self regulated learning ability from before to after receiving learning with this learning model can be seen by calculating the normalized gain (g). Based on the results of research on increasing student self-regulated learning has increased based on the average value of normalized gain > 0.7 with high criteria.The result of this study  was recommended for teachers or other users who want to increase the student self-regulated learning.

Full Text:

PDF

References


Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1). https://doi.org/10.31949/jee.v3i1.2218

Mulyana, A., & Sumarmo, U. (2015). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Didaktik, 9(1).

Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika 2019.

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Perhatian. Jurnal Formatif, 6(1).

Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, H. (2016). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Edukasi, 14.

Badjeber, R. (2020). Kemandirian Belajar Mahasiswa Tadris Matematika Ftik Iain Palu Selama Masa Pembelajaran Daring. Koordinat Jurnal MIPA, 1(1). https://doi.org/10.24239/kjpm.v1i1.1

Damayanty, D. Y., & Sumadi. (2016). Hubungan antara kemampuan numerik, kecerdasan emosi dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar fisika siswa. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidika Fisika, 3(2).

Al-Qur’an dan terjemahan.(2016). Jakarta. Kementrian Agama Republik Indonesia

Martiani, M. (2021). Kemandirian Belajar Melalui Metode Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.337

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2). https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Sari, L.M, Hrp, N.A. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menggunakan Metode Quantum Teaching pada Kelas VIII SMP N 1 Merbau. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 06, No. 02, Juli 2022, pp. 1741-1750

Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman Model Pembelajaran Sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 7(1).

Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif tentang Peran Model Pembelajaran PjBL dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2(1).

Widiasworo, E. (2016). Strategi Dan Metode Mengajar Siswa Diluar Kelas (Outdoor Leaning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, Dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Metode Penelitian Kualitatif, 17.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Sundayana, N. (2015). Statistika penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Dhaningtyas, P, W., Juniarso, T., Sulistyawati, I. (2021). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(2).

Puspasari, R. (2018). Implementasi project based learning untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar mahasiswa dalam pembuatan alat peraga matematika inovatif. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.33654/math.v3i1.51

Inayah, S.(2017). Implementasi Permbelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Kependidikan, XVIII(1), 83-91.

Anjarsari, W., Suchie, S., & Komaludin, D. (2021). Implementasi Pembelajaran Online Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. PRISMA, 10(2). https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1639

Devi, S. K., Ismanto, B., & Kristin, F. (2019). Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Peningkatan kemandirian dan hasil belajar tematik melalui project based learning. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1).

Fujiarti, A., & Prabawanto, S. (2021). The Effect of Project-Based Learning with Realistic Mathematics Approach on Students Self-regulated learning. International Conference on …, 3(November).




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.