Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Materi Teorema Phytagoras

Samsudin Samsudin, Nurul Husna, Buyung Buyung

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat dan faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan penalaran matematis yang ditinjau dari gaya belajar siswa pada materi teorema phytagoras. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian menggunakan teknik random sampling adapun kelas yang dipilih adalah kelas VIII B di SMPN 4 Monterado yang berjumlah 22 siswa. Hasil Penelitian yang diperoleh yaitu; 1) Kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar visual berada pada kategori cukup, dengan nilai rata-rata 57,11. 2) Kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar auditori berada pada kategori kurang, dengan nilai rata-rata 36,39. 3) Kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik berada pada kategori cukup, dengan nilai rata-rata 50,89. 4) Faktor yang mempengaruhi kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gaya belajar pada materi teorema phytagoras, siswa tidak teliti dalam membaca soal, daya ingat siswa lemah, siswa masih belum memahami materi teorema phytagoras


Full Text:

PDF

References


Buyung, Resy Nirawati. 2018. Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia.

Kemendikbud. (2014). Permendikbut Nomor 59 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud

Khairisti Iis Handayani. (2017). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya kongnitif filed dependence dalam menyelesaikan pola bilangan.Jurnal Pendidikan matematika universitas jambi, 2

Muhamad Ridwan (2017) Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 2, November 2017, hal. 194

Novia, Ela Chandra. Rika Wahyuni, Nurul Husna. 2017. Efektivitas Model Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas Viii SMP Negeri 12 Singkawang. Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia.

Permendiknas Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi

Ramadhani Wahyu Surya Annisa, dkk. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aplikasi Turunan Ditinjau dari Penguasaan Materi Prasyarat (Turunan Fungsi) Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Karanganom Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal pendidikan matematika dan matematika(JPMM) solusi vol. 3 nomor 6, 590.

Sundayana, Rostina. (2016). Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan masalah Siswa SMP Dalam Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5 (2), 76




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.