Implementasi Green Math Learning Berbantuan Edpuzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Putri Anugrah Cahya Dewi, Eka Grana Aristyana Dewi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi green math learning berbantuan edpuzzle terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian Post-test Only Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa aktif STMIK Primakara yang mengikuti mata kuliah Statistika dan Probabilitas. Setelah diuji kesetaraannya, dilakukan pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pemecahan masalah matematika. Data hasil tes pemecahan masalah matematika dianalisis menggunakan Uji ANAVA Satu Jalur dan dilanjutkan dengan Uji Scheffe untuk menguji hipotesis dari penelitian ini. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa yang mengikuti pembelajaran green math learning berbantuan edpuzzle lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori. Hal ini terlihat dari hasil post-test yang menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, yaitu 84,8 untuk skor kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen dan 76,91 untuk skor kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol.

Kata kunci : green math learning, Edpuzzle, kemampuan pemecahan masalah


Full Text:

PDF

References


L. Iswari, “Pengaruh Covid19 Terhadap Aktivitas Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia,†J. Jimesha, vol. 1, no. 1, pp. 13–20, 2021.

G. National and H. Pillars, Merekam Pandemi Covid-19 dan Memahami Kerja Keras Pengawal APBN. 2021.

A. S. Suryani, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Lingkungan Global,†Bid. Kesejaht. Sos., vol. XII, no. 13, pp. 13–18, 2020, [Online]. Available: http://yayasanpulih.org/2020/04/dampak-pandemi-covid-19-bagi-perempuan/.

E. Union, “Sustainable Development Goals,†SDGs 2030, 2017. https://www.sdg2030indonesia.org (accessed Feb. 02, 2022).

A. A. Prayoga and J. T. Haryanto, “Pandemi, Momentum Transformasi Green Economy,†Kementerian Keuangan Republik Indonesia, 2021. https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel-dan-opini/pandemi-momentum-transformasi-green-economy/ (accessed Feb. 01, 2022).

United Nations Environment Programme (UNEP), “Resource Efficient and Cleaner Production,†2009. http://www.unep.fr/scp/cp/ (accessed Feb. 01, 2022).

V. Kartikaningtyas, T. A. Kusmayadi, and R. Riyadi, “Brain Based Learning With Contextual Approach To Mathematics Achievement,†Int. J. Sci. Appl. Sci. Conf. Ser., vol. 2, no. 1, p. 421, 2017, doi: 10.20961/ijsascs.v2i1.16760.

A. A. Masruroh, R. Oktaviani, S. I. Kulsum, and M. Afrilianto, “Learning Mathematics with Contextual Approach to Improve Outcomes Learning Maths in Vocational High School,†JTAM | J. Teor. dan Apl. Mat., vol. 4, no. 1, p. 56, 2020, doi: 10.31764/jtam.v4i1.1870.

Y. Darma, D. Suratman, A. Yani, and U. D. Susiaty, “Improving Problem-Solving Ability And Character In Subject- Specific Pedagogic With Heuristic Strategy,†J. Educ. Teaching, Learn., vol. 29, no. 7, pp. 1937–1942, 2015.

D. A. Dewi, “Matematika Hijau Sebagai Salah Satu Upaya Pendidikan Karakter Berwawasan Lingkungan,†Math Didact. J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 33–38, 2015, doi: 10.33654/math.v1i1.92.

B. Cahyono, “Korelasi Pemecahan Masalah dan Indikator Berfikir Kritis,†Phenom. J. Pendidik. MIPA, vol. 5, no. 1, pp. 15–24, 2016, doi: 10.21580/phen.2015.5.1.87.

N. Achmad, M. Ganiati, and D. N. Kur’aeni, “Implementasi Edpuzzle Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Era New Normal,†UNINUS J., vol. 06, no. 02, pp. 46–51, 2021.

V. H. Sundi, T. Astari, H. Rosiyanti, and A. Ramadhani, “Efektivitas Penggunaan Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19,†Semin. Nas. Pengabdi. Masy. LPPM UMJ, pp. 1–10, 2020, [Online]. Available: http:jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat.

Amaliah, “Implementation Of Edpuzzle To Improve Students’ Analytical Thinking Skill In Narrative Text,†J. Prosidi, vol. 14, no. 1, pp. 35–44, 2020.

N. . Dewi, P.A., & Apsari, “Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Teknik Penunjukkan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di SMPN 1 Singaraja,†J. Jendela Pendidik., vol. 01, no. 3, pp. 149–155, 2021.

D. Mayasari, I. Natsir, and A. Munfarikhatin, “Improving Capability Of Student Based On Green Mathematics Through Nation Character Education For Caring The Environment,†IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 343, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1755-1315/343/1/012215.

T. K. Rachmawati, “Pengaruh Metode Ekspositori Pada Pembelajaran Matematika Dasar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam,†J. Pendidik. Edutama, vol. 5, no. 1, p. 51, 2018, doi: 10.30734/jpe.v5i1.130.

Sugestian, N. F. Yani, and I. Nuriadin, “Mendesain Pembelajaran Dengan Model Discovery Learning Perbantuan Eddpuzzle Dalam Optimalisasi Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp,†JOEAI (Journal Educ. Instr., vol. 5, no. 1, pp. 98–107, 2022.

K. E. Mutiara, “Inovasi Pembelajaran Matematika Berbasis Lingkungan,†J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 2, p. 212, 2020, doi: 10.21043/jmtk.v3i2.8152.

D. Luluhima, I. N. Degeng, and S. Ulfa, “Pembelajaran Berbasis Video Untuk Anak Generasi Z D,†Inov. Pendidik. di Era Big Data dan Aspek Psikologinya, pp. 85–92, 2016, [Online]. Available: http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_313847955984.pdf.

E. G. A. Dewi, A. A. I. I. Paramitha, I. G. A. P. D. Putri, and F. D. N. Q. Januar, “Pemanfaatan Platform Edpuzzle dalam Pembelajaran Matematika,†I-Com Indones. Community J., vol. 2, no. 2, pp. 113–122, 2022, doi: 10.33379/icom.v2i2.1335.

E. L. Sirri and P. Lestari, “Implementasi Edpuzzle Berbantuan Whatsapp Group Sebagai Alternatif Pembelajaran Daring Pada Era Pandemi,†J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 67–72, 2020.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.