Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Bilahulu

Eva Julyanti, Lily Rohanita Hasibuan, Rosmidah Hasibuan, Indah Fitria Rahma, Amalia Safitri Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan melihat apakah ada peningkatan hasil belajar siswa menggunaan Pendekatan Saintifik. Pendekatan Saintifik merupakan pendekatan yang digunakan dalam pendidikan lewat proses ilmiah yang dicoba lewat kegiatan mengamati, menanya, berupaya, menalar, serta mengkomunikasikan. Siswa yang memiliki nilai hasil belajar rendah umumnya disebabkan karena ketidak mampuan mereka mengerjakan matematika bagaimanapun usaha mereka. Semakin mereka berusaha untuk menjawab pertanyaan guru atau soal yang diberikan mereka semakin mereka merasakan pusing. Sehingga ketika menghadapi soal mereka lebih memilih untuk melihat pekerjaan teman, atau bahkan tidak mengerjakan soal tersebut sama sekali dan mempersiapkan diri untuk menerima hukuman atau sanksi dari guru. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Bila Hulu. Mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan siswa dalam representasi menyelesaian soal setelah menggunakan pembelajaran dengan Pedekatan Saintifik.

Rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum dan sesudah adanya penerapan dimana nilai rata-rata pre-test eksperimen adalah 42.56 dan pre-test kontrol adalah 50.56% menjadi 79.16% untuk post-test eksperimen dan 71.44% untuk post-test kontrol. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah nilai hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik lebih baik, dari kemampuan siswa saat melaksankan pembelajaran konvensional siswa SMP VIII Negeri 2 Bilahulu. Dengan hasil presentasi  pembelajaran eksperimen menggunakan pendekatan saintifik 36.60% dan kelas kontrol adalah sebasar 20.88%.


Full Text:

PDF

References


Wahyuni, D. L. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbantu Teknik Berhitung Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Education, J. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dan Direct Instruction. 7(3), 42–48.

Ahmad, Susanto. (2013). Teori belajar dan pembelajaran disekolah dasar. JakartaË Kencana, 2013

Ridwan,AS. (2013). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum

JakartaË PT Bumi Aksara

Hidayat, Sholeh. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Andi, Prastowo. (2015). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik

Terpadu. JakartaË Prenadamedia

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghaia indonesia.

Anam, K. (2017). Analisis Implementasi Pendekatan Sainstifik Terhadap Pembelajaran Penjasorkes Kelas X Sma Negeri 1 Pinggir (Vol. 4). Universitas Negeri Yogyakarta

Sugiono, (2011). Statistik untuk penelitian. Bandung: CV. Alvabeta.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.