Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Mengerjakan Soal Bangun Datar Menurut Teori Polya Siswa Kelas V SD Negeri Purworejo

Murni Oktasari, Supriyono Supriyono, Nur Ngazizah

Abstract


  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bangun Datar menurut teori Polya. Berpikir kritis  merupakan sebuah proses yang terarah dan jelas dalam menentapkan suatu keputusan atau kesimpulan berdasarkan alasan logis didalam kehidupan dengan berpikir serius, aktif, teliti dalam menganalisis semua informasi yang diterima dengan alasan yang rasional. Bangun datar merupakan bangun yang abstrak. Jika dilihat dari segi sisinya Bangun datar dibagi menjadi dua yaitu  bangun datar sisi lengkung dan lurus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunkan metode kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa SD Negeri Purworejo tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 10 siswa, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini yaitu dengan mengoreksi lembar jawab siswa yang dianalisis menggunakan teori Polya yang terdiri dari 4 tahap yaitu, kemampuan memahami masalah, kemampuan memberikan suatu argument, kemampuan menyelesaikan masalah, dan kemampuan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Subjek mampu memenuhi indikator kemampuan memahami masalah yaitu memahami masalah dengan menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan soal, langkah kedua yaitu  merencanakan penyelesaian dengan menghubungkan antara data dengan hal-hal yang belum diketahui pada soal dan dapat memilih argumen penyelesaian, langkah ketiga yaitu menyelesaikan penyelesaian sesuai rencana dengan mampu mengoperasikan operasi hitung dengan benar, serta mampu menemukan hasil penyelesaian , dan langkah keempat yaitu memeriksa kembali dan menemukan hasil penyelesaian serta menarik kesimpulan dari hasil penyelesaian. Untuk langkah Polya yang dicapai yaitu memahami masalah dengan dengan menjawab soal-soal bangun datar dengan lancar dan benar, merencanakan penyelesaian, siswa dapat menggunakan cara atau rumus dalam menjawab soal, melalui perhitungan siswa mampu mnyelesaikan penyelesaian dengan argument yang sudah dituliskan, dan mengecek kembali jawaban siswa dengan menarik kesimpulan.

Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, D. A., Darminto, B. P., & Purwaningsih, W. I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Spldv Berdasarkan Kemampuan Matematika. Prosiding Sendika, 7(2).

Numayani. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas V SD Negeri 054938 Kab. Langkat. School Education Journal, 8 (1): 35-47.

Anggraeni, I. D. (2021). Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Kelas 5 di SLB-C Pertiwi (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Moeleong. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Permana Rosdakarya.

Desyawati, W. N. (2018). Strategi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pemecahan Masalah Polya. Atthulab: Islamic Religion Teaching And Learning Journal, 3(1), 1-12.

Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot Sumatera Jaya Medan. Jumant, 8(2), 103-110.

Salahuddin, M., & Ramdani, N. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Polya. Tarbiyah wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 37-48.

Napfiah,S., & Sulistyorini, Y., (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Kalkulus. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.: 8,(2), 279-287

Yustiara, R. I., Siagian, T. A., & Susanto, E. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN 4 Kaur pada Materi Perbandingan Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 313-326.

Supriadi, S., Anwar, Z., Hidayani, H., & Rusani, I. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Fase Polya Di Tinjau Dari Adversity Quotient Tipe Campers. Celebes Education Review, 3(1), 25-33.

Pramesti, S. L. D., & Rini, J. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik berdasarkan strategi Polya pada model pembelajaran problem based learning berbasis hands on activity. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 223-236.

Damayanti, E., Sofnidar, S., & Ramalisa, Y.(2018) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa yang Memiliki Gaya Belajar Visual dalam Pemecahan Masalah Materi Segiempat Kelas VII A SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Repository UNJA.

Riawan, I., & Puspananda, D. R. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi aritmatika sosial ditinjau dari tipe kepribadian siswa. Educatif Journal of Education Research, 2(3), 13-

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis keterampilan berpikir kritis Siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61-70.

Mahardhikawati, E., Mardiyana, M., & Setiawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Pada Materi Turunan Fungsi Ditinjau Dari Kecerdasan Logis-Matematis Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 7 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 1(4), 119-128.

Irianti, N. P. (2020). Analisis kemampuan penalaran siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah polya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 80-94.

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan berpikir kritis siswa pada materi barisan dan deret berdasarkan gaya berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68-77.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.