Analisis Kesalahan Konseptual Siswa SD Negeri Purworejo dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan

Vina Damayanti, Mujiyem Sapti, Rintis Rizkia Pangestika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan konseptual yang dilakukan oleh siswa SD Negeri Purworejo dalam menyelesaikan soal cerita perkalian pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Purworejo kelas V tahun pelajaran 2021/2022 yang mempunyai nilai ulangan harian yang rendah dengan materi perkalian pecahan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pemilihan subjek berdasarkan pada nilai ulangan materi pecahan terendah. Subjek yang diambil 6 siswa yaitu 2 laki-laki dan 4 perempuan. Pengumpulan data menggunakan soal materi perkalian pecahan dan lembar wawancara yang telah divalidasi oleh ahli. Analisis data yang digunakan yaitu Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Analisis data yang digunakan yaitu Epoche yang dinamis, transkrip wawancara, dan analisis transkrip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 6 subjek telah melakukan kesalahan konseptual yaitu 1) tidak menentukan tujuan soal, 2) tidak dapat menuliskan rumus dengan benar, dan 3) tidak dapat menghubungkan fakta-fakta yang ada pada soal. Kata Kunci : kesalahan konseptual, Interpretative Phenomenological Analysis (IPA)  

Full Text:

PDF

References


Abdullah, N. I. S. T., Nordin, Z. S., & Zulkiply, N. (2021). Cebaran Penerapan Strategi Metakogitif dalam Pengajaran Penyelesaian masalah Ekonomi Tingkat Enam. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 239-249.

Asih, Y. R. & Khotimah, R.P. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan Kelas VII MTs Negeri Surakarta II (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan

soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315-322.

Kahar, M. S., & Layn, M. R. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 95-102.

Kahija, Y, L. (2017). Penelitian Fenomenologis Jalan Memahami Pengalaman Hidup. Yogyakarta: PT Kanisius.

Liptianto, D., Budiarto, M. T. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal yang Berhubungan dengan Persegi dan Persegipanjang Berdasarkan Taksonomi Solo Plus pada Kelas VII. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1).

Natsir, N., Tandiayuk, M. B., & Karniman, T. S. (2016). Profil Kesalahan Konseptual dan Prosedural Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan di Kelas VII SMPN 1 Siniu. Jurnal Electronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4), 440-452.

Mareta, A., Sa'dijah, C., & Chandra, T. D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Matriks. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1238-1248.

Mariam, S., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Aliyah Pada Materi Pola Bilangan. Journal on Education, 1(2), 156-162.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Paridjo, P. (2019, May). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau Dari Kesalahan Konseptual dan Prosedural. In Prosiding Seminar Nasional MIPA Kolaborasi (Vol. 1, No. 1, pp. 231-242).

Praja, E. S., Setiyani, S., Kurniasih, L., & Ferdiansyah, F. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK Kelas XI pada Materi Vektor Selama Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 12-24.

Putri, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Rutin dan Non-Rutin Pada Materi Aturan Pencacahan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 890-896.

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 187-202.

Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Safitri, F. A., Sugiarti, T., & Hutama, F. S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 42-49.

Sinambela, L. P. (2017). Profesionalisme Dosen dan Kualita Pendidikan Tinggi. Jurnal Sosial dan Humaniora, 2(4), 579-596.

Siregar, N. F. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 1-14.

Siswanto, R. D., & Ratiningsih, R. P. (2020). Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Bangun Ruang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 96-103.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhady, W., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Identifikasi Kesalahan Konseptual dan Prosedural Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 494-504.

Sujarwanto, E. (2019). Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penyelesaian Masalah dalam Pembelajaran Fisika. Diffraction, 1(1).

Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan dalam Pemecahan Masalah Matematika. Matematika, 19(2), 123-130.

Sulistyorini, Y. (2017). Analisis Kesalahan dan Scaffolding dalam Penyelesaian Persamaan Diferensial. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 91-104.

Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542-550.

Utami, N. Y. D., Sukirwan, & Setiani, Y. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam

Menyelesaikan Soal Himpunan Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika,5 (3), 2702-2710.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187-192.

Walle, J. A. V. D. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Pengembangan Pengajaran. Jakarta: PT Gelora Pratama.

Yuwono, T., Sugenange, M., & Ferdiani, RD. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Pengajaran Matematika, 1(2), 137-144.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.