Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visualberbasis Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Efficacy Siswa

Syahidatul Nadila Lubis, Rosliana Siregar, Syahlan Syahlan

Abstract


Kurangnya variasi media dan pendekatan pembelajaran yang digunakan guru pada pembelajaran matematika mengakibatkan rendahnya kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran audio visual berbasis RME yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan model Thiagarajan. Subjek penelitian ini adalah 33 orang siswa kelas XI-E Pondok Pesantren Mawaridussalam. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah: 1) lembar validasi ahli dengan hasil validasi sebesar 91,67% dalam kategoti sangat valid; 2) Instrumen kepraktisan dengan hasil sebesar 90,40% dalam kategori sangat praktis;  3) instrument tes penalaran dengan hasil 88,89% siswa tuntas secara klasikal dan peningkatan indikator penalaran sebesar 0,22;  4) angket self-efficacy dengan hasil rata-rata penguasaan self-efficacy siswa sebesar 71,80% dalam kategori tinggi dan peningkatan indikator self-efficacy sebesar 0,51 Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis RME telah valid,praktis, dan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy siswa.

Kata kunci : Media Audio Visual, RME, Penalaran Matematis, Self-Efficacy


Full Text:

PDF

References


D. Maesya Firdaus, S. E. Purwanto, and I. Nuriadin, 2021. Kontribusi Seft-Efficacy Dan Mathematics Anxiety Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), pp. 85-103, https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.6488

S. Sumaeni, K. Kodirun, and S. Salim, 2020. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa, EDUMAT : J. Edukasi Matematika.,11(2), pp. 79–87, , doi: 10.53717/edumat.v11i2.181.

M. D. Siagian, R. Siregar, and M. B. Sembiring, 2020. The Development of Reasoning Ability and Self Efficacy of Students through Problem-based Learning Model. In Proceedings of the 7th International Conference on Multidisciplinary Research (ICMR 2018), pp. 483–487.

C. Pramesti and A. Prasetya, 2021. Analisis Tingkat Kesulitan Belajar Matematika Siswa dalam Menggunakan Prinsip Matematis, Edumatica J. Pendidikan. Matematika., 11(2), pp. 9–17 , doi: 10.22437/edumatica.v11i02.11091.

Organisation for Economic Co-Operation And Development, 2019. PISA 2018 : Insights and Interpretations, www.oecd.org/pisa.

I. Indirwan, W. Suarni, and D. Priyatmo, 2021. Pentingnya Self-Efficacy terhadap Prestasi Belajar Matematika,†Jurnal Sublimapsi, 2(1), p. 61-70, doi: 10.36709/sublimapsi.v2i1.13055.

H. L. Hadiat and Karyati, 2019. Hubungan Kemampuan Koneksi Matematika, Rasa Ingin Tahu dan Self-Efficacy dengan Kemampuan Penalaran Matematika, Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), pp. 200–210, doi: 10.21831/jrpm.v6i2.26552.

S. Agustiani, 2019. Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis RME Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa,†Jurnal Peka, vol. 2(2), pp. 65–72, doi: 10.37150/jp.v2i2.1118.

K. Matondang, H. Hasratuddin, and D. Armanto, 2020. Pengembangan Model Pembelajaran RME Berbantuan ICT untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematis Siswa, Edumaspul Jurnal Pendidikan., 4(1), pp. 229–241, doi: 10.33487/edumaspul.v4i1.241.

A. Sopyan and R. Marlina, 2019. Kemampuan Self Efficacy Matematis Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME),Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, pp. 992–997, [Online]. Available: http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika.

H. Freudenthal, 1991. Revisiting Mathematics as an Education. Dordrecht: China Lectures kluwer.

Nurhafizah and A. Fauzan, 2019. Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Di Kelas XII IPA SMA Pertiwi 1 Padang,†Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 8(4), pp. 96–102.

N. Hasnia, H. Syarifuddin, A. Asma, and Yerizon, 2020. PengembanganPerangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X SMA, JUMLAHKU :Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 7(1), pp. 28–43.

B. Saputro, 2017.Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

K. E. Lestari and M. R. Yudhanegara, 2018. Penelitian Pendidikan Matematika : Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis. Bandung: PT.Refika Aditama.

J. Suprihatiningrum, 2017. Strategi Pembelajaran : Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

A. A. Rahma, F. Anam, Suhartono, and H. M. D. Soewardini, 2022. Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar,JMER: Journal of Mathematics Education Research, 1(1), pp. 6–12.

A. Mardati, 2021. Media Digital Dalam Pembelajaran Matematika, Pros. Seminar Nasional Dies Natalis 41 UTP Surakarta, vol. 1(1), pp. 172–178, doi: 10.36728/semnasutp.v1i01.25.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.