Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Open-ended Berbantuan Smart Apps Creator Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTs PP Mawaridussalam

Lutvia Nurhidayah, Hasratuddin Siregar, Dhia Octariani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan media pembelajaran berbasis open-ended berbantuan smart apps creator; 2) Mendeskripsikan pembelajaran berbasis open-ended berbantuan smart apps creator dalam mencapai tujuan pembelajaran bagi siswa; 3) Menemukan pembelajaran berbasis open-ended berbantuan smart apps creator dalam mencapai ketuntasan klasikal siswa; 4) Mengetahui respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis open-ended berbantuan smart apps creator. Jenis penelitian ini menggunakan metode Reseacrh and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu, analysis, design, development, implementation, and evaluation. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari enam kelas dan sampel penelitian yang dipilih yaitu 26 siswa. Sumber data pada penelitian ini diperoleh melalui hasil angket validasi, angket respon guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian pada uji coba I dan II menunjukkan bahwa: 1) Terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis open-ended yang dikembangkan pada uji coba I dengan uji coba II dengan rata-rata yaitu sebesar 0,2; 2) Terdapat peningkatan terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran bagi siswa pada uji coba I dengan uji coba II sebesar 12,3%; 3) Terdapat peningkatan ketuntasan klasikal pada uji coba I dengan uji coba II dari 42,3% ke 92,3%; 4) Terdapat respon positif siswa pada uji coba I sebesar 88,8%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, disarankan agar media pembelajaran yang dikembangkan dapat dimanfaatkan guru pada mata pelajaran selain matematika.Kata kunci : Media pembelajaran, open-ended, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Andrianto, R., Sulaiman, M.M., and Yulianto, M.A. (2020). Kolono J. Multi-Discip. Sci. 1(01), 34 [2] Baron, D. P., 2008. Business and the organisation. Chester: Pearson.

Dick, W., Carey, L., and Carey, J.O. (2005). The systematic design of instruction.

Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri DalamBimbingan Kelompok Untk Peserta Didik sekolah Dasar. Tunas Bangsa. 6(1), pp : 104–114.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud.

Mulyatiningsih. E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. 2010. Metode Penelitiaan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wirasti, N.K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Open-Ended Problem Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Denpasar Dengan Pembelajaran Daring. 22(2), pp : 501-512

Yuliana, E. 2015. Pengembangan Soal Open Ended Pada Pembelajaran Matematika Untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPTIKA). Palembang.

Yusuf, , A. (2009). Guru dan Pembelajaran Bermutu. Bandung: Rifky.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.