Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Swasta Satrya Budi Karang Rejo

Ayunda Lestary, Ropinus Sidabutar, Lois Oinike Tambunan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika. Kelas VIII SMP Swasta Satrya Budi Karang Rejo tahun ajaran 2022/2023. Jenis  penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana yang menjadi sampel kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1, sedangkan kelas kontrol adalah kelas VIII-2. Instrumen tes deskripsi digunakan. Data dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian diperileh rata-rata post-test eksperimen 78,50 dengan standar deviasi 5,923 nilai rata-rata post-test kontrol 73,90 dengan standar deviasi 5,268. Oleh karena itu hasil kemampuan pemahaman konsep matematis siswa post-test eksperimen lebih tinggi dibandingkan post-test kontrol. Berdasarkan hasil uji prasyarat, Ftabel (4, 01) Fhitung(1, 264), dan uji hipotesis, thitung(3, 1784) ttabel (2, 001), H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu, Signifikansi uji hipotesis dihasilkan sebagai sig. (2-tailed) (0, 002) 0,005, yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu dapat dikatakan penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima, atau terdapat pengaruh antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Teorema Pythagoras. 

kata kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. 


Full Text:

PDF

References


Hendriana, Evina Cinda dan Arnold Jacobus. 2016. “ Implementasi pendidikan karakter disekolah melalui keteladanan dan pembiasaanâ€. Jurnal Pendidikan dasar Indonesia.Vol.1(2) hal 25-29.

Siagian, Muhammad Daut. 2016. “Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematikaâ€. Journal Of Mathematics Education And Science. Vol. 2 (1): hal. 58.

Kanzunnudin, Mohammad & Savitri Wanabulandari. 2018. “Penerapan Contextual Teaching And Learning Berbantu Blok Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswaâ€. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 1 (1): hal. 123.

Yenni, Rika Firma & Malalina. 2020. “Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Smpâ€. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5 (1): hal. 1-8.

Isrok’atun, dan Amelia Rosmala. 2018. Model-model pembelajaran matematika. Bandung: PT Bumi Aksara.

Rusyda, Nurul Afifah & Dwi Septina Sari. 2017. “ Pengaruh penerapan model contextual teaching and learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi garis dan sudutâ€. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. Vol. 1(1): hal. 150.

Brinus, Kristianti S.W, Alberta P. Maknur, dan Fransiskus Nendi. 2019. “ Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMPâ€. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 8 (2) hal. 261




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.