Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Pematangsiantar

Marianti O.T. Simamora, Theresia Monika Siahaan, Ropinus Sidabutar

Abstract


Siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis yang kurang baik dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran karena model pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga memaksa siswa untuk pasif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Pematangsiantar yang terdiri dari 7 kelas dan jumlah siswa sebanyak 223 siswa.Sampel penelitian ini terdiri dari 64 siswa dari kelas VIII-1 dan VIII-2.Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan memberikan tes kemampuan komunikasi matematika.Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah pengaruh paradigma pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa berbeda secara signifikan sebelum dan sesudah terapi.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Pematangsiantar. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen kelas eksperimen VIII-1 adalah 9,934 dan nilai post-test adalah 72,38, sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 37,66 dan nilai post-test. nilainya adalah 62,48. Berdasarkan hasil uji instrumen, thitung kelas eksperimen sebesar 7,598 dan sig 0,166, sedangkan kelas kontrol thitung sebesar 7,598 dan sig 0,166.Diketahui bahwa thitung > ttabel. Angka yang dihasilkan adalah 7,598 > 1,998 yang menunjukkan bahwa nilai signifikansinya lebih besar dari 0,05. Jadi dalam penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak, atau terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis siswa.

Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis


Full Text:

PDF

References


Madhavia, Putri Dkk. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 04, No. 02. No. ISSN: 2614- 3038

Hodiyanto, 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 07, No. 01. No. ISSN: 2088- 687

Rahmaeda, Nur Dan Dedy Setyawan. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri Maros. Jurnal Ilmiah, Volume 3. No. ISSN: 2622-2329

Abdullah, Sani. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum. 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Fauziah, Intan Dkk. 2018. Peningkatankemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Regulated Learning Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL).Jurnal Analisis, No. ISSN: 2549- 5135

Sinaga, Regina Sabariah Dan Santa Clara Manik.2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri Salapian Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah: Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan. Volume 05, No. 01. No. ISSN: 2621-2676.

Muhammad Fathurrohman. 2015. Model- Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran. Malang: Ar- Ruzz Media.

Corebima, Maria A.Y. Dkk. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Ilmiah Vol.2, No. ISSN: 2685- 2373




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.