Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tapian Dolok
Abstract
Penelitian ini, Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tapian Dolok, mengeksplorasi bagaimana model pembelajaran investigasi kelompok mempengaruhi kemampuan siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tapian Dolok dalam memecahkan masalah matematika. . Penelitian ini menggunakan desain one-group pretest-posttest design dan termasuk dalam kategori penelitian pra-eksperimental. Populasi penelitian ini berjumlah 122 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapian Dolok. Simple Random Sampling adalah metode pengambilan sampel yang digunakan. Sebagai kelas eksperimen, kelas VII-1 menjadi sampel. Tes deskripsi adalah instrumen yang digunakan. Uji Normalitas Data dan Uji T adalah metode analisis data yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata pre-test adalah 19,19, dan nilai rata-rata post-test adalah 74,69. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa keterampilan pemecahan masalah memiliki dampak. menerapkan paradigma pembelajaran Group Investigation pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tapian Dolok sebelum dan sesudah. Rata-rata skor yang diperoleh siswa setelah menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih besar dari rata-rata skor yang mereka terima sebelum menggunakan model tersebut. Temuan uji coba instrumen menghasilkan penentuan bahwa thitung adalah 39,244 dan ttabel adalah 1,693. Nilai thitung > ttabel yang menunjukkan nilai signifikansi > 0,05 sudah diketahui dengan baik. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa penelitian ini Ha disetujui dan Ho ditolak, atau model pembelajaran investigasi kelompok berdampak pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika.
Kata Kunci: Investigasi Kelompok, Kemampuan Pemecahan Masalah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3294
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.