Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 7 Pematangsiantar

Engli Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII-2 SMP Negeri 7 Pematangsiantar. Peneliti juga ingin membuktikan apakah motivasi belajar dan hasil belajar siswa memiliki perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah perlakuan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest 17,5 dan nilai rata-rata post-test 74. Nilai regresi linier sederhana perhitunganY’=25.645+ 0.646X, koefisien determinasi  sebesar    dan nilai thitung = 9,296 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 atau 0,00 < 0,05 dan nilai thitung9,296 >2,045. Oleh karena itu hasil belajar post-test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pre-test kelas eksperimen. Berdasarkan uji hipotesis untuk tes diperoleh thitung sebanyak 35,507 maka diketahui nilai thitung > ttabel. . berdasarkan hasil uji coba instrument maka di dapat sebanyak 35,507. Diketahui bahwa nilai  dengan jumlah siswa 32 orang adalah 1,693889, maka nilai thitung > ttabel. Berdasarkan nilai tersebut dikatakan bahwa penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak atau adanya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.