Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMP Negeri 2 Siantar

Krisdayanti Saragih

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kooperatif Menari Bambu berpengaruh terhadap Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Siantar. Penelitian ini menggunakan teknik yang disebut Quasi Experimental Design, yang tergolong metode penelitian kuantitatif. Selain temuan bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen, yang diperoleh dari hasil perhitungan yang dilakukan terhadap data, temuan analisis uji instrumen mengungkapkan bahwa instrumen tersebut valid dan reliabel. Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Siantar menjadi fokus penelitian ini. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Bamboo Dancing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kesimpulan yang dapat diambil dari temuan perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan uji-t adalah hipotesis dapat dianggap benar. Secara spesifik, t hitung sebesar 5,876 lebih besar dari ttabel yaitu 2,002. Diharapkan bahwa temuan penelitian ini akan bermanfaat bagi berbagai pemangku kepentingan, termasuk pendidik, mahasiswa, dan peneliti masa depan.
Kata kunci : Bamboo Dancing, Kemampuan Komunikasi Matematis


Full Text:

PDF

References


Van de Walle, John A.2008. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga.

Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran Teori danKonsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Harefa, D. (2020). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773–1786.

Zuraida. (2015). Pembelajaran Bamboo Dancing Salah Satu Model Cooperative Learning untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 4(1), 120-127

Dewi, S. M., Harjono, A., & Gunawan, G. (2016). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi virtual terhadap penguasaan konsep dan kreativitas fisika siswa SMAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 123-128.

Ghina Fathirah Pasaribu, Isran Rasyid Karo Karo S. (2019). “ Pengaruh metode pembelajaran Bamboo Dancing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi system persamaan linear dua variabel di kelas VIII Mts Al- Ittihadiyah medanâ€. Jurnal Pendidikan dan matematika. Vol. 8 (1).

Elfina, H. (2013). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Terhadap Komunikasi Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Harapan 2 Medan (Doctoral dissertation, UNIMED).




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.