Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMP Negeri 1 Siantar

Sri Melva Renata Purba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran Think-Pair-Share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa melalui dalam pokok bahasan himpunan di kelas VII SMP Negeri 1 Siantar. Peneliti juga ingin membuktikan apakah model pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share dan kemempuan komunikasi matematis memiliki perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah perlakuan. kelas eksperimen untuk nilai pretest 564 dan posttest 2576 setelah diberikan model pembelajaran Think-Pair-Share. Sedangkan untuk kelas kontrol jumlah dari keseluruhan dari hasil rata-rata pretest 516 dan posstest 2120 setelah diberikan model pembelajaran konvensional. Pada uji homogenitas diperoleh nilai posttest Eksperimen dan Kontrol dengan signifikan (sig) based on mean sebesar 0,783 dengan hasil signifikan 0,05 yang artinya berdistribusi homogen. Pada uji t dengan hasil dengan df yang dipakai dalam penelitian ini adalah 0,05 pada df = () dengan df = 58 yaitu 2,002 maka 6,521 > 2,002. Maka dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa dengan ditolak dan diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Think-Pair-Share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siantar.


Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share, Kemampuan Komunikasi Matematis


Full Text:

PDF

References


Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Himpunan. journal cendikia, 18-21.

Fahrullisa, R., Putra, F. G., & Supriadi, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS)berbantuan Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 79-86.

Husna,Ikhsan, M., & Fatimah, Siti. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS)Jurnal Peluang, 1(2), 81-92.

Revita, R., & MZ, Z. A. (2017). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share (TPS)Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 80-87.

Hartini, H., Maharani, Z. Z., & Rahman, B. (2016). Penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 131-135.

Iskandarwassid, dan H. Dadang Sunendar. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.