Analisis Model Antrian Multi Channel Single Phase pada Pelayanan Sistem Antrian di Kantor Pos Pematangsiantar

Sartika Nainggolan

Abstract


 Jenis data yang digunakan dalam penelitian secara matematika  adalah data kuantitatif dengan metode analisis Multi Channel Single Phase (M/M/S) dengan disiplin antrian First Come First Served (FCFS) atau First In First Out (FIFO), artinya pelanggan yang datang terlebih dahulu akan dilayani. Dari hasil perhitungan waktu maka : Rata-rata banyak pelanggan dalam antrian Pada pukul 11:00-12:00 WIB banyak pelanggan dalam antrian yaitu 0,58 jika dibulatkan menjadi 1 pelanggan (tertinggi) sedangkan pada pukul 09:00-10:00 WIB sebanyak 0,25 apabila dibulatkan menjadi 1 pelanggan (terendah). Rata-rata waktu menunggu pelanggan dalam antrian Pada pukul 11:00-12:00 WIB lamanya pelanggan menunggu dalam antrian yaitu 0,58 menit (terpanjang) sedangkan pada pukul 09:00-10:00 WIB sebanyak 0,28 menit (terpendek).  Dengan menggunakan 2 Loket sebenarnya sudah cukup baik, akan tetapi dalam kondisi tertentu karena loket tidak hanya melayani transaksi pembayaran air, listrik, pajak, asuransi, pengiriman barang melainkan melayani pembayaran pensiunan taspen. Jika pihak kantor pos hanya mempunyai 2 loket saja dan disaat tertentu berkurang karena mendapatkan tugas lain dan hanya tersisa 1 loket saja, maka hal tersebut dapat menimbulkan antrian yang sangat panjang.

Kata kunci : Teori Antrian, Multi Channel Single Phase, POM QM, Matematika


Full Text:

PDF

References


Heizer J dan Render B. 2011. Production and Operation Management, Prentice Hall. Inc New Jersey.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi ketiga belas di terjemahkan oleh Bob Sobran. Erlangga. Jakarta.

Mulyono, S. (2002): Operasi Reseacrh, Universitas Indonesia, Jakarta.

Mussafi, N. S. M. (2016). Pemodelan Sistem Antrian Multi-Channeljasa Loket Pada Bank Syariah Di Yogyakarta Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 5(2).

Saleh, C. (1957). Optimalisasi Pelayanan Pelanggan Bank dengan Teori Antrian. 95–108.

Solberg, Philips, Ravindran, (1987). Operations Research. John Wileyand and sons, Inc.

Taha, H. A., (1996): Riset Operasi Jilid 2, 2nd Edition, Binapura Aksara, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.