Penerapan Model Goal Programming pada Penjadwalan Perawat di Rumah Sakit (Matematika Terapan)

Windy Valencia Turnip

Abstract


Penjadwalan perawat biasanya dilakukan secara manual oleh pihak rumah sakit. Hasilnya memakan waktu dan tidak efisien karena distribusi lapisan yang tidak merata. Goal Programming adalah pengembangan dari pemrograman linier yang digunakan untuk menyelesaikan masalah pemrograman linier dengan beberapa fungsi tujuan. Dalam penelitian ini, goal programming dalam penjadwalan perawatan digunakan untuk memodelkan masalah penjadwalan perawat di Rumah Sakit. Saat memodelkan masalah penjadwalan perawat, ada dua kendala sistem yang harus dipenuhi: kendala utama dan kendala tambahan. Kendala utama adalah peraturan rumah sakit yang harus dipatuhi, namun kendala tambahan adalah peraturan rumah sakit yang boleh dilanggar. Dalam pemodelan masalah perencanaan perawatan, setiap sistem kendala ditransformasikan ke dalam model matematis dan solusinya adalah model pemrograman tujuan yang didukung oleh perangkat lunak LINGO. Keluaran LINGO menunjukkan bahwa rencana perawatan terprogram tujuan memenuhi semua sistem kendala, tetapi jadwal manual rumah sakit tidak memenuhi sistem kendala.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Hasymn, M. 2014. Buku Pedoman Keperawatan Dari Etika Sampai Kamus Keperawatan. Yogyakarta: Indoliterasi.

Jenal, 2011. A Cyclical Nurse Schedule Using Goal Programming. Jurnal Ilmiah dan Terapan, Volume 4, p. 3.

Kozier, 2008. Fundanemtal of Nursing, Pearson Prentice Hall. New Jersey: s.n.

Siswanto, 2007. Operations Research. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.