Pengoptimalan Pelayanan terhadap Pasien Menggunakan Sistem Antrian pada Loket Pendaftaran di Rumah Sakit (Studi: Matematika Terapan)

Milira Lahagu

Abstract


Antrian merupakan suatu peristiwa yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari karena setiap orang yang ingin mendapatkan jasa pelayanan diharuskan untuk menunggu. Apabila dilihat secara sepintas, ada banyak pasien di rumah sakit yang sedang menunggu untuk dilayani terutama pada bagian loket pendaftaran pada kondisi ramai atau pada jam sibuk. Oleh karena itu, dilakukan penelitian secara matematis untuk menganalisis sistem antrian yang ada pada loket pendaftaran pasien rawat jalan untuk mengetahui tingkat optimal sistem pelayanan dan jumlah fasilitas pelayanan yang optimal atau ideal pada kondisi ramai dan pada kondisi tidak ramai. Pengoptimalan merupakan salah satu disiplin ilmu matematika yang fokus untuk mendapatkan nilai terbaik yaitu nilai minimum atau maksimum secara sistematis dari suatu fungsi, peluang maupun pencarian nilai lainnya dalam berbagai kasus. Model sistem antrian yang digunakan pada penelitian ini adalah model antrian multiple channel single phase (M/M/c):(FCFS/. Berdasarkan hasil perhitungan ukuran kinerja sistem antrian, sistem pelayanan pada loket pendaftaran pasien rawat jalan akan optimal dan memenuhi syarat steady state (kondisi tetap) sistem pelayanan apabila menggunakan 3 loket fasilitas pelayanan pada kondisi ramai atau pada jam sibuk yaitu pada pukul 09.00-12.00 WIB dan 2 fasilitas pelayanan pada kondisi tidak ramai yaitu pada pukul 12.00-13.00 WIB.


Full Text:

PDF

References


Aminudin A. 2005. Prinsip-prinsip Riset Operasi. Jakarta: Erlangga.

Ferianto EJ. 2016. Optimasi Pelayanan Antrian Multi Channel (M/M/c) Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Sagan Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hardiyani R. 2013. Analisis Penerapan Teori Antrian Pada Sistem Pembayaran Supermarket di Golden Market Jember. Jember: Universitas Jember.

Heizer J, Rander B. 2005. Manajemen Operasi Buku 2 Edisi Kesembilan. Jakarta: Salemba Empat.

Kakiay TJ. 2004. Dasar Teori Antrian untuk Kehidupan Nyata. Yogyakarta: Andi.

Nurhayati R, Rochmad R, Kartono K. 2014. Analisis Proses Antrian Multiple Channel Single Phase di Loket Administrasi dan Rawat Jalan RSUD Dr. Kariadi Semarang. Unnes Journal of Mathematics, Volume 3(1), pp. 1-6.

Sagita DA, Sari E. 2018. Optimasi Produksi Air Mineral Kemasan Menggunakan Pemrograman Nonlinear dengan Mengaplikasikan Algoritma Branch and Bound pada PT. Mitra Tirta Buwana. Jurnal Matematika-S1, Volume 7(2), pp. 87-96.

Sari NP, Sugito, Warsito B. 2016. Penerapan Teori Antrian pada Pelayanan Teller Bank X Kantor Cabang Pembantu Putri Sentra Niaga. Jurnal Gaussian, Volume 6(1), pp. 81-90.

Suliyanto. 2014. Statistika Non Parametrik. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.