Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi SMP Negeri 4 Pematangsiantar

Afriani Butar-butar, Lois Oinike Tambunan, Golda Novatrasio Sauduran

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi relasi dan fungsi. Berdasarkan tujuan dari penelitian ini maka jenis penelitian yang digunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian pre-test post-test control design. Dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pematangsiantar. Penulis menggambil anggota populasi sebagai sampel yaitu kelas VIII - 1 menjadi kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas VIII - 10 menjadi kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. jadi sampel keseluruhan dalam penelitian ini berjumlah 64 orang. Data diolah dengan menggunakan uji normalitas dengan uji liliefors dan ternyata dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah berdistribusi normal dengan α = 0,05 dan n = 32 maka Lhit = 0,0647 < Ltabel = 0,1566 dan data yang menggunakan model konvensional berdistrusi normal dengan α = 0,05 dan n = 32 maka Lhit = 0,0632< Ltabel = 0,1566. Untuk mengetahui apakah data tersebut berasal dari populasi data yang bervarians sama atau berbeda digunakan uji homogenitas, ternyata diperoleh ≤ (1,419 < 1822). Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) digunakan uji t diperoleh thit > ttabel (13.707 > 1669). Berdasarkan analisa data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi relasi dan fugsi SMP Negeri 4 Pematangsiantar. Hal ini diketahui dari hasil rata-rata skor tes siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor tes siswa yang menggunakan model konvensional.
Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis Siswa


Full Text:

PDF

References


Citra, Renita. “Komparasi Hasil Belajar Matematika Menggunakan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dengan Pembelajaran Konvensional Siswa Kelas Vii Smp Negeri 9 Merangin. “ Mat-Edukasi 2.2 (2019): 23-31.

Ngalimun. 2018. Strategi Dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo

Nizam. 2018. Daya Imajinasi Lemah, [Online]. Tersedia: Https://Www.Kompas.Com

Shoimin, A. 2018. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Nurkhasanah, D., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sd. Jurnal Satya Widya, 35(1), 33-41.

Firdaus, A. Nisa, C, L. Nadhifah. 2019. “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Barisan Dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikirâ€. Jurnal Matematika Kreatif – Inovatif. Volume 10, Nomor 1, Hal 68-77.

Ahmatika, Deti, 2020. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discoveryâ€, Jurnal Euclid, No. 1, Vol 3: 3.

Arifuddin, Ahmad. 2019. Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Vol. 6. No. 1. Hal. 38-49.

Farisi, A. Hamid, A. Melvina. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalorâ€. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (Jim) Pendidikan Fisika. Vol. 2 No.3 Juli 2018, 283- 287




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.