Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 2 Pematangsiantar

Indah Rezba Sinaga

Abstract


Banyak proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru tidak menggunakan teknik pembelajaran dan media pembelajaran yang baik sehingga menimbulkan kurangnya minat belajar siswa ketika proses pembelajaran yang menyebabkan hasil belajar siswa tidak tercapai dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan aplikasi Geogebra terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Pematangsiantar. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi experiment dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen yang diberi perlakuan penggunaan aplikasi Geogebra dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan penggunaan aplikasi Geogebra. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian ini adalah 1) terdapat pengaruh minat belajar pada siswa yang melakukan pembelajaran menggunakan aplikasi Geogebra dengan siswa yang melakukan pembelajaran tanpa aplikasi Geogebra dengan nilai 61,563 > 57,750. 2) terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang melakukan pembelajaran menggunakan aplikasi Geogebra dengan siswa yang melakukan pembelajaran tanpa aplikasi Geogebra dengan nilai 85,626 > 53,062. Maka artinya ada pengaruh penggunaan aplikasi Geogebra terhadap minat dan hasil belajar siswa karena aplikasi Geogebra dapat menampilkan lukisan-lukisan geometri dengan cepat dan teliti, serta menampilkan gerakan-gerakan manipulasi yang dapat memberikan pengalaman visual dalam memahami konsep geometri sehingga mempermudah siswa untuk menyelidiki dan menunjukkan sifat-sifat yang berlaku pada suatu objek geometri.
Kata kunci : Bangun Ruang Kubus dan Balok, Minat, Hasil Belajar, Geogebra


Full Text:

PDF

References


Manalu, A. C. S., Jumiati, Y., & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Persamaan Garis Lurus Berbantu Aplikasi Geogebra. Journal On Education, 2(1), 63–69.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11.

Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar. Deepublish.

Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action Of Research Mathematic (Factor M), 1(1).

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. Axiom: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).

Kusuma, M. W. K., Jampel, I. N., & Bayu, G. W. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Matematika Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(1), 37–46.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Ulfa, R. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. AL-Fathonah, 1(1), 342–351.

Muharam, M. R. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. FKIP UNPAS.

Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176–188.

Tanzimah, T. (2019). PEMANFAATAN GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

Novilanti, F. R. E. (2021). Alternatif Pembelajaran Geometri Berbantuan Software Geogebra Di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Islam Riau.

Aryanto, Y., Cahya, C., & Setiawan, W. (2019). Implementasi Geogebra Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematik Siswa SMP. Journal On Education, 1(3), 525–530.

Fitra, A., & Sitorus, M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan. Journal of Informatic Pelita Nusantara, 4(1).

Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen: Konsep, Teori, dan Aplikasi. Muhammadiyah University Press.

Saat, S., & Mania, S. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian: Panduan bagi Peneliti Pemula.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.